Pariaman Pertama di Sumbar Bagikan BLT Dana Desa Bantuan Covid-19

281

TOPIKINI – Warga terdampak Covid-19 di Kota Pariaman kini berlega hati. Mereka yang tidak tertampung dalam Bansos PKH, BLT Provinsi dan Bansos Kota, maka warga tersebut menerima BLT Dana Desa sebesar Rp600 ribu per bulan.

Penyerahan BLT Dana Desa Kota Pariaman secara perdana dilakukan di Desa Balai Kurai Taji, Kec. Pariaman Timur, Kamis (30/4) siang oleh Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, M.Si. Ini merupakan penyerahan BLT Dana Desa untuk pertama kali di Provinsi Sumbar.

“Alhamdulillah, siang ini BLT Dana Desa sebagai bantuan untuk warga desa yang terdampak Covid-19 bisa kita realisasikan. Ini yang pertama untuk Sumbar dan akan disusul daerah lainnya,” kata Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs. H. Syafrizal, MM., yang menyaksikan penyerahan BLT Dana Desa itu.

Menurut Syafrizal, pengucuran BLT Dana Desa adalah obat yang ampuh dalam situasi wabah pandemi Covid-19, yaitu bantuan untuk warga miskin desa dan warga yang tidak masuk dalam program Bansos PKH, Bansos Sembako dan BLT lainnya.

Sehingga semua warga yang terdampak Covid-19 dapat diatasi oleh semua Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang disediakan pemerintah.

“Jadi prinsip BLT Dana Desa ini adalah untuk warga miskin, siapa pun dia asal berdomisili di desa. Perantau yang pulang kampung karena PHK di rantau, dapat diakomodasi mendapat BLT Dana Desa. Kades atau Wali Nagari harus menjaga agar jangan sampai ada penerima BLT ganda dengan bantuan lainnya,” kata Syafrizal yang akrab dipanggil Pak Ucok ini.

Diharapkan semua kabupaten/kota penerima Dana Desa di Sumbar segera merealisasikan BLT Dana Desa.

“Gubernur sudah menyurati Bupati/Walikota supaya memastikan dibayarkannya BLT Dana Desa kepada warga miskin desa atau nagari paling lambat minggu pertama Mei 2020. Jika tidak direalisasikan maka Kepala Desa atau Wali Nagari nya dapat ditegur,” kata Syafrizal Ucok yang didampingi Kabid Pemerintahan Desa Drs. H. Azwar, M.Si.

Sementara Walikota Pariaman Genius Umar mengucap syukur atas terealisasinya BLT Dana Desa di Kota Pariaman. Secara resmi semua diserahkan per Kamis (30/4) di 55 desa yang ada di Kota Pariaman melalui jaringan perbankan.

Tidak tunai, tetapi langsung masuk ke tabungan warga miskin Rp1,8 juta untuk tiga bulan mulai April, Mei sampai Juni. Jumlah penerima adalah 7.931 Kepala Keluarga dengan jumlah dana yang disalurkan Rp14,2 miliar.

Menurut Genius Umar, pemberian Bansos dan BLT dalam penanganan Covid-19 di Kota Pariaman dilakukan dengan sistem stiker yang ditempelkan di masing-masing rumah warga miskin.

“Dipastikan tidak akan ada penerimaan ganda Bansos atau BLT karena ada ceklist di stiker yang ditempelkan. Jadi kalau stiker sudah dicek list maka tidak akan menerima bantuan lagi,” kata Genius Umar didampingi Kepala Dinas PMD Kota Pariaman Drs. Efendi Jamal, MM.

Acara penyerahan perdana BLT Dana Desa di Desa Balai Kurai Taji dilakukan berturut-turut oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Kadis PMD Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM., Sekdako Drs. Fadhli, MM., Kadis PMD Pariaman Drs. Efendi Jamal, MM., dan Kepala Desa Balai Kurai Taji Efendi. (*)

Loading...