Pakai Busana Khas Minang, Ibu Negara Dapat Pujian

TOPIKINI.COM – Kunjungan kerja presiden Jokowi di kota Padang, Senin (21/05/2018) juga disertai Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Saat turun dari pesawat kenegaraan, pukul 09.15 wib, terlihat Ibu Iriana memakai busana dengan corak yang tak asing bagi wanita Ranah Minang.

Topikini.com coba menanyakan soal busana ibu negara itu kepada salah seorang pelaku usaha serta penggiat lestarinya songket Minang, Nanda Wirawan.

“Salut juga sama Ibu Iriana mau menggunakan busana khas Sumatera Barat,” kata Nanda saat ditanya melalui pesan singkat Whatsapp.

Menurut Nanda, busana yang dipakai Ibu Iriana merupakan Baju Kurung Basiba, ciri khas perempuan Ranah Minang.

“Iya, Itu baju kurung basiba kayaknya sama batik Lasem. Biasanya pakai selendang panjang untuk tutup kepala,” tambah pemilik Studio dan workshop songket Pinankabu di Canduang kabupaten Agam ini.

Nanda menambahkan, motif batik yang dipakai Iriana merupakan motif pesisiran yang dikembangkan oleh pengusaha busana khas daerah di Sumatera Barat.

“Batiknya motif pesisiran, di Minang kita biasa juga mamakai motif pesisiran seperti batik Tuban, yang kini dibuat oleh orang kita, dikenal dengan batiak tanah liek,” tulisnya lagi.

Ibu Iriana diapit ibu Nevi (kiri), istri Kapolda(kanan)L

Namun soal siapa perancang busana Ibu Iriana, Nanda menjawab tidak mengetahuinya.

Ibu Iriana sebelumnya juga pernah menggunakan busana adat Minangkabau saat menghadiri pidato kenegaraan presiden tanggal 16 Agustus 2017 lalu di gedung MPR/DPR.

Apakah ini sebagai isyarat kecintaan beliau dengan busana khas Minangkabau? Entahlah.(art)

Nanda Wirawan, Penggiat Revitalisasi Songket/Pemilik Studio Songket Pinankabu Canduang kab. Agam
Loading...