Nelayan dan Petani Sumbar Terima Bantuan Pusat Senilai Rp 11,1 Milyar

73
Alex Indra Lukman (baju putih) menyerahkan simbolis bantuan nelayan

TOPIKINI – Nelayan dan petani di Sumatera Barat, mendapat kucuran bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 11,1 milyar. Bantuan tersebut berupa alat tangkap ikan, sarana dan prasarana pendukung, serta bantuan modal UMKM bagi nelayan juga peralatan pertanian.

Acara penyerahan bantuan tersebut dilakukan Selasa siang (02/04/2019) di pelabuhan perikanan Bungus Teluk Kabung kota Padang, dan dihadiri anggota BPK RI Rizal Jalil serta anggota komisi V DPR RI Alex Indra Lukman.

Kehadiran petinggi negeri ini, disambut ratusan murid-murid sekolah dasar yang sekaligus mencanangkan gemar makan ikan.

Loading...

Selain itu, acara juga disertai menebar stok ikan ke laut yang menjadi bagian dari bantuan pemerintah pusat tersebut.

Bantuan dari APBN sebesar Rp 11,1 milyar tersebut, berbentuk sarana prasarana, kapal dan peralatan tangkap ikan, menebar stok ikan, mesin pendingin, drum band dan beasiswa bagi mahasiswa sekolah pelayaran juga bantuan permodalan. Bantuan tersebut disalurkan melalui Kementerian Kelautan RI, sedangkan peralatan pertanian berupa hand traktor, mesin rontok padi serta pompa air, dari Kementerian Pertanian RI.

Bantuan-bantuan tersebut merupakan hasil dorongan dan perjuangan anggota Komisi V DPR RI Alex Indra Lukman, dari Sumatera Barat.

“Mohon kiranya pada saat ini, dalam hal ini pemerintah kabupaten juga provinsi agar bisa mengawasi alat-alat ini, menyerahkan pada tempatnya sehingga alat-alat ini dapat diberdayakan sebagaimana mestinya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Alex Indra Lukman, anggota Komisi V DPR RI saat menyampaikan sambutannya.

Bantuan sebesar Rp 11,1 milyar yang diserahkan tersebut, diambilkan dari anggaran APBN tahun 2019, yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat petani dan nelayan di Sumatera Barat.(art)