Masjid Kuno Gunung Siup Lombok Timur Masih Berdiri Kokoh

34

Lombok Timur – Lombok dikenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid. Julukan itu disematkan karen Lombok memiliki ribuan banguanan majid. Dalam satu desa/kelurahan contohnya, biasa temukan lebih dari lima bangunan masjid. Bahkan ada beberapa dusun memiliki dua banguanan masjid. Ini menunjukkan antusias masyarakat Lombok dalam membangun sarana ibadah masjid cukup tinggi. Jika anda yang berasal dari luar daerah dan ingin berkunjung ke Lombok, dijamin anda tidak akan kesulitan menemukan masjid.

Julukan Pulau Seribu Masjid memberi semangat masyarakat Lombok untuk merawat dan mempercantik bangunan masjid. Tapi hal tersebut tak lantas menjadikan masyarakat Lombok melupakan sejarah. Hingga saat ini, bangunan masjik tua/kuno masih banyak ditemukan di Pulau Lombok. Keberadaan masjid kuno dipertahankan masyarakat sebagai cagar budaya sejarah. Masjid kuno juga menjadi wisata religi. Sebut saja Masjid Kuno Bayan Beleq, Masjid Kuno Songak dan beberapa masjid kuno lainnya. Masjid-masjid kuno tersebut hingga kini masih berdiri kokoh dan menjadi saksi bisu sejarah peradaban Islam di Pulau Lombok.

Beberapa Masjid Kuno di atas sudah dikenal luas oleh masyarakat, terutama bagi para pemburu wisata religi dari luar daerah hingga mancanegara.

Selain beberapa masjid kuno tersebut, sebenarnya masih banyak masjid kuno di pelosok desa yang belum diketahui publik. Masjid Kuno Gunung Siup contohnya. Masjid kuno yang beratapkan jerami, berdinding anyaman bambu dengan lantai tanah liat itu berada di Dusun Gunung Siup, Desa Denggen Timur, Kecamatan Selong, Lombok Timur.

Masjid Kuno Gunung Siup Masih berdiri kokoh hingga sekarang. Pemeliharaan masjid rutin dilakukan oleh warga seperti mengganti atap dan dinding masjid saat sudah lapuk.

Namun fungsi masjid tidak lagi digunakan sebagai mana masjdi pada umumnya, seperti solat lima waktu, idul adha, idul fitri dan aktifitas keagamaan lainnya. Sebab di dusun setempat sudah ada masjid moderen yang lebih luas dengan kapasitas yang layak.

Pengurus masjid kuno Gunung Siup, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengatakan, masjid kuno berukuran sekitar 7 meter persegi itu masih digunakan untuk ritual keagamaan yang sifatnya sakral.

Masjid Kuno Gunung Siup terbilang sederhana namun menyimpan nilai sejarah keberlangsungan Islam. Tapi sayang, keberadaan masjid yang diperkirakan berusia lebih dari satu abad itu tidak ada yang tau persis kapan waktu didirikannya.

Nah, bagi anda yang penasaran silahkan berkunjung ke Masjid Kuno Gunung Siup. Letak masjid persis berada di depan mimbar masjid moderen Gunung Siup. Pengalaman penulis saat berkunjung ke masjid kuno, di dalam masjid terasa sangat sejuk. Di dalam masjid juga masih disimpan beberapa benda sejarah yang memiliki nailai sakral. (red)

Loading...