Maju ke DPD RI, Ramal Saleh Genjot Ekonomi di Nagari dengan Cara ini

20

TOPIKINI.COM – Langkah kongkrit ditempuh Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh saat maju sebagai Calon Anggota DPR RI 2019-2024. Ia bersosialisasi sambil menggerakkan ekonomi di nagari-nagari melalui program penanaman seribu hektar pala.

“Saya mulai gerakan tanam seribu hektar pala. Sebagai pancingan saya akan bantu bibit, nanti masyarakat melanjutkan secara swadaya,” kata Ramal Saleh seusai mendaftar sebagai Calon Anggota DPD RI di KPU Sumbar, Selasa (10/7).

Menurut Ramal Saleh, tanaman pala mudah tumbuh dan tidak memiliki hama. Pala tidak enak oleh tupai mau pun kera karena rasanya yang pedas. Jadi, pala setelah ditanam nyaris tanpa perawatan, hanya dipupuk untuk kesuburan.

Jika seorang warga menanam pala di sekitar rumahnya saja, misalnya 25 batang. Diasumsikan satu batang pala menghasilkan buah 3 kilo sebulan, maka sudah dapat hasil 75 kilo pala sebulan.

Dengan harga pala Rp40 ribu per kilo maka sudah ada tambahan penghasilan nyata warga itu Rp3 juta sebulan. Penghasilan itu sama dengan hasil dua hektar kebun sawit.

Ramal Saleh bertekad, jika terpilih sebagai Anggota DPD RI, program menggerakkan ekonomi nagari ini menjadi prioritas untuk diperjuangkan di tingkat pusat.

“Banyak sekali program untuk rakyat yang bisa diraih dan dibawa ke Sumatera Barat,” jelas Ramal Saleh, yang sehari-hari eksportir gambir, kulit manis dan pinang ini.

Karena tekadnya untuk membangkitkan ekonomi nagari, Ramal Saleh berharap mendapat dukungan dari lapisan masyarakat di nagari.

“Saya memulainya dengan niat baik, Insya Allah hasilnya baik,” kata Ramal Saleh.

Pendaftaran Ramal Saleh di KPU berjalan lancar. Penyerahan tanda pendaftaran dilakukan oleh Komisioner KPU Sumbar Nova Indra didampingi Ketua KPU Amnasmen, Komisioner Izwaryani dan Yanuk Sri Mulyani. (pen)

Loading...