Mahasiswa Unitas Padang Tanam Pohon Ketaping di Pantai Air Manis, ini Tujuannya

27

TOPIKINI – Ratusan mahasiswa Universitas Taman Siswa Padang, Minggu siang (29/09/2019), melakukan aksi tanam pohon di kawasan Pantai Air Manis Padang.

Aksi ini merupakan rangkaian dies natalis fakultas pertanian yang ke 32 tahun, dengan tujuan, pohon ketaping yang ditanam, bisa menyumbang udara bersih bagi masyarakat.

Penanaman pohon ini diawali oleh ketua yayasan perguruan Taman Siswa, Irwandi Yusuf, kemudian diikuti rektor Universitas Taman Siswa Edi Wirman.

Setelah itu, penanaman pohon juga diikuti ratusan mahasiswa fakultas pertanian di areal seluas lebih kurang satu hektar.

Menurut Jamilah, dekan fakultas pertanian, ia sengaja memilih pohon ketaping untuk ditanam, agar bisa menyumbangkan udara bersih bagi masyarakat sekitar.

Pasalnya, tanaman yang biasa tumbuh di kawasan pantai ini, memiliki daun yang rindang, sehingga lebih banyak menyerap udara yang kurang baik, dan mengeluarkan oksigen yang sangat dibutuhkan manusia.

“Tanaman ini dia menyimpan air, dia juga bisa menangkap gas-gas yang tidak dibutuhkan manusia atau bersifat sedikit radikal, missal karbon dioksida, karbon monoksida, jadi memang keberadaan pohon ini dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat,” ucap Jamilah, dekan fakultas pertanian Unitas Padang.

Rektor Universitas Taman Siswa, Edi Wirman mengatakan, kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian Universitas Taman Siswa, untuk melestarikan lingkungan.

“Tujuan kegiatan ini yaitu sebagai wujud bahwa kita peduli terhadap lingkungan, karena lingkungan itu juga berkaitan dengan ekosistem, dengan penanaman pohon ini kita berharap bisa mengubah ekosistem yang ada di arela pariwisata ini,” kata Edi Wirman, rektor Universitas Taman Siswa usai menanam pohon ketaping.

Tahun ini Universitas Taman Siswa Padang menerima sebanyak lebih kurang 300 mahasiswa baru. Fakultas pertanian merupakan salah satu fakultas favorit di perguruan tinggi yang didirikan Ki Hajar Dewantara ini.(art)

Loading...