Mahasiswa UMM Maksimalkan Program Guru Keliling di Masa Pandemi dengan Program GULINGPLUS

TOPIKINI – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM Bhaktimu Negeri Kelompok 75 memaksimalkan pembelajaran Sekolah Dasar di tengah pandemi dengan program GULING (Guru Keliling) Plus. Pelaksanaan dimulai pada tanggal 18 Agustus – 27 Agustus 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang Sholahuddin Al-Fatih, S.H., M.H.

Dijelaskan oleh penanggung jawab kegiatan, Alung Vinedal Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM angkatan 2017, Pengabdian ini bertujuan untuk memfasilitasi murid Sekolah Dasar agar memahami pembelajarannya dengan baik.

“Seperti tatap muka di sekolah, kesan antara pengajar/pendidik mengerti bagaimana kesulitan muridnya akan didapat, adek-adek kami persilahkan untuk bertanya jikalau merasa ada kesulitan dalam menjawab soal latihan. Selain itu, pembelajaran ini kami maksimalkan dengan adanya ice breaking dan mengajak peserta didik dapat mengeluarkan potensi yang ada dalam dirinya, seperti menari, membaca puisi, sebagai hiburan adek-adek Sekolah Dasar dapat mengurangi kerinduannya belajar di sekolah,” kata Alung.

Program ini didampingi oleh Guru Wali Kelas serta peserta didik tetap diwajibkan memakai masker serta faceshield dan diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

Koordinator Desa, M. Dodik Prastiyo juga memberikan penjelasan.

‚ÄúProgram GULING PLUS sebenarnya adalah kegiatan guru yang menghendaki bertemu dengan para siswa untuk menanyakan apakah ada kesulitan dari para peserta didiknya, namun hal itu kami bingkai lebih menarik lagi dengan adanya permainan-permainan yang dapat meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar di tengah pandemi ini,” jelas Dodik.(relis)

Loading...