Mahasiswa Demo dan Blokade Kampus IAIN Imam Bonjol Padang

915

TOPIKINI – Ratusan mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang menggelar aksi demo di gedung rektorat pada selasa pagi (10/09/2019). Mahasiswa menuntut transparansi dalam hal keuangan kampus. Dalam aksi tersebut mahasiswa memblokir jalan masuk kampus dan membakar ban bekas.

Selain itu mahasiswa yang berdemo juga mengajak mahasiswa lain yang sedang belajar untuk keluar agar ikut bergabung dalam demo mereka.

Dalam orasinya mahasiswa menuntut pihak kampus agar transparan dalam pengelolaan keungan kampus. Selain itu mahasiswa juga menuntut fasilitas yang lengkap seperti gedung layak untuk proses belajar, ruangan ber AC , meja dan bangku yang cukup, perbaikan WC dan hapuskan segala bentuk pungutan liar diluar iyuran UKT. Akibat aksi demo mahasiswa ini, aktifitas perkuliahan menjadi lumpuh.

“Kami meminta transparansi pengelolaan keuangan selama kepemimpinan bapak Eka Putra Wirman, karena selama ini kami membayar kuliah selama ini untuk apa sebenarnya, kami juga menuntut fasilitas yang baik,” kata Muhammad Jalaludin, koordinator aksi.

Pihak kampus mencoba untuk mengajak mahasisa berdialog melalui 10 perwakilan, namun mahasiswa menolak .

“UKT kita ini terendah dari seluruh UIN yang ada di Indonesia, soal fasilitas, semua sudah kita persiapkan, namun mahasiswa ini berdemo macam-macam, untuk aktualisasi diri, sebagai pembenaran dan sebagainya, ini kan mahasiswa saya semua, seluruh permohonannya tentu akan kita dengar,” kata Eka Putra Wirman, rektor IAIN Imam Bonjol Padang.

Rektor berjanji, apa yang menjadi tututan mahasiswa pihak kampus akan merealisasikan dengan cara pembangunan gedung-gedung kampus secara perlahan-lahan.(erial)

Loading...