Longsor Sitinjau Laut, Akses ke kota Padang dari Timur dan Utara Sempat Lumpuh

168

TOPIKINI.COM – Dalam dua hari terakhir, intensitas curah hujan masih tinggi mengguyur daerah-daerah di kawasan Sumatera Barat, termasuk kota Padang dan sekitarnya. Seperti terjadi Selasa malam (12/12/2018), hujan lebat kembali mengguyur daerah ini.

Akibatnya, jalan Padang – Solok di kawasan Sitinjau Laut putus ditimbun longsor pada Rabu pagi sekitar pukul 03.40 wib. Longsor dinding bukit sepanjang 30 meter, menimbun seluruh badan jalan dengan ketinggian material dua meter. Kondisi ini mengakibatkan jalan pintu masuk kota Padang dari arah Timur menjadi lumpuh karena tidak bisa dilewati kendaraan apapun.

Satu unit alat berat yang diturunkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah kota Padang, berusaha keras menyingkirkan materail yang menimbun jalan. Sampai Rabu siang, kondisinya masih belum bisa dilalui kendaraan karena longsor masih terjadi.

Akibat longsor ini, ratusan kendaraan roda dua dan empat terjebak dilokasi. Jalur ini seharusnya jalur alternatif ke Sumatra Utara setelah jalur Kota Padang dan Kota Bukittinggi longsor akibat putusnya jalur utama di Kayu Tanam. Namun karena tertimbun longsor, jalur ini juga tidak bisa dilalui.

Longsong kali ini tidak memakan korban jiwa, tetapi pengguna jalur ini terjebak berjam-jam di lokasi. Para pegawai negeri yang hendak ke Kota Padang dan Kota Solok terpaksa tidak bisa masuk kantor, karena masih terjebak.

Akibat putusnya jalan di Kayu tanam kabupaten Padang Pariaman dan Sitinjau Laut, membuat kota Padang tidak bisa diakses dari utara juga timur.(art)

Loading...