Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta Lakukan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis Secara Rutin

26
Silvia Labbi President Lions Club Centennial MH. Thamrin, Jakarta dalam sebuah kegiatan bakti sosial. Foto: Istimewa

Jakarta – Malam itu sekitar jam 18.00 WIB ada call whatsapp (WA) dari Devia sapaan akrab dari Silvia Labbi Presiden Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta 307 A1. Devia sapaan akrabnya, meminta kita hadir dalam rapat mingguan organisasi sosial ini di Aveneu Lotte Plaza di Kasablanka, Kuningan, Jakarta, Jumat malam (01/11/2019).

Selanjutnya setelah tiba di lokasi, Devia memperkenalkan tim intinya di Lions Club. Satu persatu kita salami dimulai Silvia Labbi sendiri sebagai Presiden Club. Selanjutnya, dr. Rezaldi Pratama, SpM M.Kes sebagai Vice Presiden, Setiyadi Sudarmanto Sekretaris,  dr. Deby Yolanda Bendahara dan Hansel Tan sebagai Membership.

“Duduk disini Mas, kenalkan teman-teman seperjuangan saya di Lions Club Centennial MH Thamrin,” kata Devia di Coffe Samsung lantai 2.

Menurut sosok perempuan cantik ini, Lions Club Centennial MH Thamrin akan menggelar bakti sosial dan pengobatan gratis. Baksos itu berupa operasi katarak mata gratis dan pengobatan serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat tidak mampu.

“Rencananya bulan Desember 2019 atau Januari 2020 sekalian pelantikan kepengurusan secara seremonial,,” terang Devia yang sudah dua periode menjabat sebagai Presiden Lions Club MH Thamrin.

Sementara itu dr Rezaldi Pratama SpM MKes yang aktif juga Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Propinsi Banten, telah menyiapkan visi dan program di awal 2020 melakukan baksos operasi matkatarak. Katanya, saat ini banyak pasien-pasien yang kurang mampu belum melakukan operasi mata.

“Targetnya adalah masyarakat yang belum memiliki BPJS dan belum terlayani dengan baik. Pasien seperti ini jumlahnya banyak dan ini yang menjadi sasaran baksos operasi katarak mata,” kata pria yang biasa disapa dr. Aldi ini.

Namun katanya, bagi yang sudah memiliki BPJS bisa datang ke Puskesmas-Puskesmas terdekat. Pasien bisa berobat dan meminta rujukan dari Puskesmas kalau penyakitnya belum sembuh.

“Diharapkan bagi pasien mata katarak yang belum memiliki BPJS atau KIS bisa mengurus ke aparat pemerintah bagi warga yang tidak mampu. Jika masyarakat memiliki BPJS maka akan bisa melakukan pemeriksaan dan operasi katarak secara gratis,” terang dr. Aldi.

Selain itu dr. Deby Yolanda mengatakan dirinya bersama dokter-dokter lainnya siap membantu masyarakat saat baksos. Mulai pengobatan gratis dan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Para dokter dan tenaga media memberikan pelayanan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan. Bahkan ada pemeriksaan kesehatan disiapkan, tes gula darah, kolesterol, tekanan darah dan lainnya. Pasien juga akan diberikan obat dari resep dokter,” jelas Deby Bendahara Lions Club MH Thamrin yang juga ahli akupuntur ini.

Untuk instrumen pelayanan sosial di Lions Club MH Thamrinz Setiyadi Sudarmanto sebagai Sekretaris mempersiapkan semuanya. Mulai persiapan lokasi baksos, pasien penerima layanan, tenaga dokter dan tenaga medis, obat-obatan, membentuk kepanitian dan segala kebutuhan.

“Lions Club MH Thamrin juga melakukan baksos rutin dengan melakukan pemeriksaan kesehatan bebas biaya setiap Selasa jam 9-12 di Jl YDPP No A10 KV 6 Cilandak Barat. Jakarta Selatan. Untuk agenda besar operasi mata katarak dilakukan di acara khusus. Rencanya kira-kira Januari 2020,” kata Setiyadi pria berkacamata ini.

Terakhir Hansel Tan sebagai Membership Senior di Lions Club MH Thamrin menyatakan mendukung dan siap mensukseskan agenda-agenda organisasi. Dirinya selalu terlibat dalam kepanitiaan dan menjadi support sistem saat acara.

“Kami bersama para Membership lainnya selalu terlibat aktif membantu agenda organisasi agar berjalan lancar dan sukses. Kegiatan baksos rutinpun kadang juga hadir kalau dipanggil ketua,” tukas Hansel Tan.

Rencana Lions Club MH Thamrin ini mau menggelar pelantikan dan baksos pengobatan dan pemeriksaan kesehatan pada Januari 2020. Acara digelar besar-besaran untuk membantu pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani.

“Kalau masyarakatnya sehat, tentu pemerintahnya kuat. Kalau pemerintahnya kuat tentu negaranya akan tumbuh dan berkembang maju,” pungkas Devia usai memperkenalkan susunan kepengurusan Lions Club MH. Thamrin.

Malam itu sekitar jam 22.00 WIB rapat usai dan semua bersalaman tanda berpamitan pulang. Sementara kita bersama Silvia Labbi sempat ngobrol ringan sambil menunggu grab car di Cirkle K Jl. Satriyo samping Lotte Plaza, Kasablanka.

“Bareng saya pulang nanti turun di dekat Pasar Minggu. Saya menuju Depok dan Mas Gus Din bisa melanjutkan ke Matraman,” kata sang Ketua, akhirnya saya bergegas ikut grab dan turun di Galael Jakarta. (red)

Berikut Alamat Kantor dan Pelayanan Rutin Lions Club Centennial MH Thamrin Jakarta 307 A1.

Pemeriksaan kesehatan bebas biaya
Setiap Selasa jam 9-12
Jl. YDPP No A10 KV 6
Cilandak Barat. Jakarta Selatan.
Email: [email protected]

Struktur Lions Club MH Thamrin:
1. Silvia Labbi, Presiden Club
2. dr. Rezaldi Pratama, Vice Presiden
3. Setiyadi Sudarmanto, Sekretaris
4. Dr. Deby Yolanda, Bendahara
5. Hansel Tan, Membership.

Penulis: Gus Din / Syafrudin Budiman SIP

Loading...