Linda Megawati Ajak Warga Subang Cegah Stunting Dengan Ketahanan Keluarga

TOPIKINI, SUBANG – Anggota DPR RI Komisi IX Linda Megawati, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, menggelar Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana di Wilayah Kabupaten Subang, Sumedang dan Majalengka Tahun 2021, Bertempat di Rosin Resto Rest Area, Jl. Otto Iskandardinata, Cibogo, Kabupaten Subang, Sabtu (11/09/2021).

Acara yang dihadiri oleh 180 orang peserta ini, dibuka oleh Sekretaris Dinas PPKBP3A Kabupaten Subang, Nunung Nurhayati, kemudian dilanjutkan penyampaian Laporan Bangga Kencana Tahun 2021 oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Wahidin.

“BKKBN sebagai lembaga pemerintah memiliki strategis dalam membangun sumber daya manusia (SDM) melalui pendekatan keluarga. Salah satu arah rencana strategis BKKBN 2020 – 2024 diantaranya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang holistik dan integratif sesuai siklus hidup, serta menguatkan pembentukan karakter sehingga diharapkan mampu meminimalisir dampak Covid 19 di Keluarga,” lapor Wahidin.

Turut hadir, Rudi Darmawan, Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN, yang memaparkan definisi Ketahanan Keluarga, menurut UU No 10 Tahun 1992, yaitu kondisi dinamik suatu keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik material dan psikis mental spiritual guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya untuk mencapai keadaan harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin.

Linda Megawati bersama Kepala Perwakilan BKKBN Jabar dan peserta sosialisasi

Linda Megawati yang duduk di Komisi IX DPR RI, juga sekaligus sebagai Mitra Kerja BKKBN, menegaskan kembali kepada seluruh peserta yang hadir, yaitu prinsip Asah, Asih dan Asuh dalam sebuah keluarga.

“Mencegah stunting harus dimulai dari pemahaman yang paling mendasar terhadap 8 fungsi keluarga,” tegas Linda.

Linda pun menjabarkan fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta lingkungan.

“Kami terus bermitra dengan BKKBN yang dalam hal ini BKKBN Provinsi Jawa Barat untuk senantiasa mensosialisasikan program untuk peningkatan kualitas keluarga Indonesia” tutup Linda, sambil mengajak seluruh peserta untuk berseru “Berencana itu Keren”.(rel)