KPPU Sidak Harga Ayam dan Telur di Pasar Raya Padang, ini Hasilnya

24

TOPIKINI.COM – Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) melakukan sidak di pasar raya kota Padang,Rabu siang (01/08/2018). Hasilnya, harga ayam potong dan telur masih tinggi di kota Padang. Diduga ada kartel atau permainan harga oleh agen telur dan agen ayam potong sebagai pemasok telur dan ayam ke pasar.

Sidak yang dilakukan KPPU yang berkedudukan di Medan Sumatera Utara, bekerjasama dengan wali kota Padang dan SKPD terkait. Dari hasil sidak tersebut diketahui bahwa harga ayam potong dan telur masih tinggi.

Siapa Presiden & Wakil Presiden 2019 Pilihan Anda?

Harga ayam potong sekitar Rp 25 ribu per ekornya, sedangkan harga satu butir telur kisaran harga Rp 1.300 sampai Rp 1.500 perbutir.

Tingginya harga telur dan ayam potong di sejumlah pasar Sumatera Barat khususnya kota Padang, diduga  adanya permainan kartel atau disebutnya dengan permainan harga seenaknya yang dilakukan oleh beberapa oknum seperti agen telur dan agen ayam pemasok ke pasar yang ada di kota Padang.

Kepala KPD KPPU Medan, Ramli Simanjuntak mengatakan, agen atau distributor meletakkan harga telur dan ayam ke pedagang harus dengan harga wajar agar harga yang di jual ke konsumen tidak mengalami kenaikan.

Menyikapi hal tersebut, pihak KKPU Medan akan memanggil semua agen telur dan agen ayam di kota Padang.

“Kita datang ke Padang untuk mencek harga ayam dan telur karena 3 minggu ini harga nya melonjak tinggi, di Padang kita dapati harganya msh tinggi, ini dikarenakan pasokan ayam dari agen ke pedagang yang kuotanya dikurangi. Kita akan menelusuri hal ini ke agen, jika ada terjadi kecurangan kan kita tindak lanjuti,” kata Ramli Simanjuntak.

Pemanggilan agen dan distributot telur dan ayam di kota Padang ini bertujuan untuk menekan harga telur dan ayam di kota Padang. Selain itu juga sebagai antisipasi kenaikan harga lagi menjelang hari lebaran haji mendatang. (Ju Abdi)

Loading...