Korps Raport Kenaikan Pangkat Perwira, Pangdam XII/Tpr : Jadikan Pendorong Tumbuhnya Etos Kerja

Kubu Raya – Kamis (1/10/20) Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerima laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Kodam XII/Tpr Periode 1 Oktober 2020 bertempat di lapangan apel Makodam XII/Tpr. Acara berlangsung dengan sederhana serta menerapkan protokol kesehatan.

Adapun perwira Kodam XII/Tpr yang mendapatkan kepercayaan untuk dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi berjumlah 63 orang. Dengan rincian dari pangkat Letkol ke Kolonel 13 orang, dari Mayor ke Letkol 6 orang, dari Kapten ke Mayor 26 orang, dari Lettu ke Kapten 16 orang, dan dari Letda ke Lettu 2 orang.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam acara mengatakan, kenaikan pangkat bukan merupakan suatu hak, tetapi sebagai salah satu bentuk penghargaan, kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara melalui sistem penilaian yang terukur kepada Prajurit yang memiliki kapabilitas, prestasi kerja, dedikasi, integritas moral dan kondite yang baik serta loyalitas pengabdian yang tinggi sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

“Pada hakekatnya pangkat dan jabatan merupakan suatu amanah dan anugerah yang patut disyukuri, namun disisi lain setiap saat juga akan dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Pangdam.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menegaskan, anugerah kenaikan pangkat harus bisa menjadi sesuatu yang membanggakan dan dapat membawa manfaat diri sendiri, keluarga dan bagi organisasi atau satuan dimana para perwira berada dan bertugas, sehingga diharapkan dapat menjadi pendorong tumbuhnya etos kerja perwira, karena semakin tinggi pangkat, maka akan semakin berat beban tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

“Laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, curahkan semua kemampuan yang ada agar senantiasa dapat mempersembahkan kinerja yang terbaik, selaras dengan pangkat dan jabatan yang disandang saat ini demi kemajuan Kodam XII/Tpr,” tegas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Mantan Danrem 084/Bhaskara Jaya ini menekankan kepada para perwira untuk menunjukkan bahwa mereka memang pantas memperoleh promosi kenaikan pangkat, sehingga dalam sanubari para perwira selalu tertanam suatu pemahaman bahwa kenaikan pangkat hanya diberikan kepada Prajurit yang berprestasi dan setia untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan, keberhasilan dalam memperoleh kenaikan pangkat tidak terlepas dari peran dan dukungan kerja anggota. Oleh karena itu kepada para perwira untuk meningkatkan kepedulian yang tinggi terhadap anggota agar dapat menumbuhkan ikatan yang kokoh kuat antara pemimpin dan yang dipimpin, sehingga dalam pencapaian pelaksanaan tugas dapat dilaksanakan secara baik dan optimal.

“Tidak kalah pentingnya adalah peran dan doa dari keluarga. Mengingat, keluarga yang harmonis merupakan dasar atau landasan dalam memperoleh kehidupan damai, tenteram dan bahagia, sehingga bisa menjadi motivasi yang nyata dalam bekerja untuk meraih kesuksesan,” pungkas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (red)

Editor: RB. Syafrudin Budiman SIP

Loading...