Korban Banjir dan Longsor di Solok Membutuhkan Bantuan

28

TOPIKINI.COM – Warga yang menjadi korban banjir dan longsor di kabupaten Solok, kini sangat membutuhkan bantuan. Mereka sangat memerlukan bahan makanan, karena persedian mereka habis diterjang banjir bandang.

Pasca kejadian banjir dan longsor yang melanda dua kecamatan di kabupaten Solok minggu (10/12/2017) dini hari lalu, kini warga yang menjadi korban sangat memerlukan bantuan. Salah satu daerah yang terdampak adalah nagari Sibarambang, kecamatan X Koto Diatas.

Sebanyak 13 buah rumah warga mengalami rusak parah dan saat ini pemiliknya terpaksa diungsikan kerumah-rumah tetangganya .

Selasa (12/12/2017) siang, sejumlah bantuan sudah mulai mengalir di posko bencana yang dibuat warga. Seperti mi instan, roti dan makanan ringan lainnya. Namun warga sangat membutuhkan beras dan keperluan lauk-pauk untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Menurut wali nagari, warga belum bisa beraktifitas mencari nafkah, lantaran masih berusaha membersihkan rumah mereka dari material longsor dan banjir bandang.

“Sangat dibutuhkan betul oleh warga sekarang yaitu konsumsi, karena makanan sangat kurang, daerah ini jauh dan aksespun sudah tertutup habis,” ucap Rudi Hartono, walinagari Sibarambang.

Warga didaerah sibarambang sempat mengalami keterisoliran akibat akses beberapa ruas jalan menuju kedaerah tersebut terputus karena tertimbun material tanah. Disamping itu lokasi daerahpun cukup jauh dari pusat pemerintahan.

 Banjir bandang dan longsor, melanda dua kecamatan di kabupaten Solok ini yaitu kecamatan IX Koto Sungai Lasi dan kecamatan X Koto Diateh.

 Satu orang tewas tertimbun longsor dan dua lagi menderita luka-luka. Kerugian akibat kejadian ini masih dalam pendataan pemerintah daerah setempat.(Garnadi)

Loading...