Kirab Pemuda Rayakan Sumpah Pemuda di Padang Panjang

54

TOPIKINI.COM – 34 pemuda utusan dari provinsi se Indonesia, menyinggahi Kota Padang Panjang selama dua hari. Dalam kegiatan tersebut peserta Kirab Pemuda 2017 ini dijamu dengan berbagai pergelaran dan kegiatan.

Pada hari pertama kedatangan, Jumat (27/10) peserta Kirab disambut dengan berbagai atraksi kesenian. Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis hadir langsung dalam penyambutan tersebut. Selain ikut terlibat menari dengan peserta dan pelajar Padang Panjang, Walikota juga melakukan video conference dengan Mentri Pemuda dan Olah Raga.

Peserta Kirab Pemuda ini diajak berkeliling Kota Padang Panjang oleh Walikota. Peserta bahkan juga terlibat dalam pawai, meskipun hujan mengguyur Kota Padang Panjang. Tidak lupa Hendri Arnis ikut berswafoto dengan para peserta.

“Saya berharap kedatangan peserta Kirab Pemuda ini bisa menyebarkan semangat positif kepada pemuda di Padang Panjang, ini momen yang tepat untuk menggelorakan semangat persatuan, kebhinekaan dan kerja keras, terima kasih pak mentri,” ujar Hendri Arnis.

Pada hari pertama tersebut, Peserta berbaur dengan pemuda dan pelajar se Kota Padang Panjang, termasuk dengan Purna Paskibraka. Pemuda ini bercerita dan saling berbagi informasi tentang apapun.

Selanjutnya pada hari kedua (28/10), peserta Kirab Pemuda ini menggelar senam massal bersama pelajar dan pemuda se Kota Padang Panjang di Lapangan Chatib Soelaiman, Banca Laweh. Dalam senam tersebut peserta berbaur, dan memotivasi pelajar untuk terus berkarya dan bekerjasama membangun bangsa.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pesantren Pramuka Alhira. Di Ponpes ini, peserta kirab dipertontonkan kepiawaian atraksi santri. Mulai dari PBB kreatif, tarian, puisi dan ditutup dengan senam bersama. Di Ponpes ini peserta Kirab terlihat bahagia dan menikmati atraksi unik yang dipentaskan.

Kirab Pemuda 2017 ini digagas oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga. Peserta adalah hasil seleksi masing masing propinsi. 34 propinsi di Indonesia mengutus 2 orang pemuda. Kegiatannya peserta kirab ini adalah berkeliling ke 34 propinsi dan 100 Kabupaten/kota. Peserta dibagi dalam 2 zona, masing masing zona menempuh perjalanan selama 72 hari. Akhir perjalanan direncanakan pada tanggal 8 Desember 2017, yang dipusatkan di Blitar.

“Ini pengalaman saya yang sangat berharga, saya bisa melihat langsung kebhinekaan masyarakat Indonesia, dan bahkan berinteraksi langsung dengan budaya budaya yang berbeda itu, ternyata Indonesia itu kaya,” Ungkap Akbar, peserta asal Kalimantan Barat.

“Terkadang saya rindu dengan rumah, tapi kita disini sudah seperti saudara, suka duka selama dalam perjalanan berkeliling Indonesia, membangun kesadaran kita bahwa Indonesia ini butuh semangat bekerja bersama,” ulas Dede, peserta asal Sumatera Barat.

Setelah dua hari menikmati sejuknya udara Kota Padang Panjang, peserta Kirab ini selanjutnya dilepas oleh Muspida Padang Panjang. Kota Padang Panjang adalah daerah ke 9 yang mereka singgahi. Peserta Kirab akan melanjutkan ke Rengat, Provinsi Riau.(Nofal)

Loading...