Kios Semi Permanen di Ciracas Berdiri di Atas Lahan Milik Pemda DKI, Terancam Ditindak Tegas

Jakarta – Beberapa kios dengan bangunan semi permanen berbentuk auning mirip dengan Lokasi Sementara (Loksem) berdiri di bahu jalan TB. Simatupang tepatnya di RT 05 RW 05 Kelurahan Susukan, Ciracas, Jakarta Timur.

Bangun yang mirip dengan Lokasi Binaan (Lokbin)  ini, sebanyak 4 unit, “diduga  disewakan oleh pemiliknya per unitnya antara Rp 800 ribu – Rp 1 juta per bulan.

Menurut pengakuan pemilik bangunan berinisial H mengatakan, Ia sudah  memiliki izin dari salah satu petugas kelurahan yang enggan Ia sebutkan namanya.

“Iya saya sudah mendapat izin dari salah petugas kelurahan,” singkatnya.

Pantauan awak media dilapangan, bangunan semi permanen tersebut terlihat tidak ada tanda-tanda dan nomor seperti bangunan Lokasi Sementara (Loksem) binaan UMKM seperti pada umumnya, hal ini bertentangan dengan Perda Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. bangunan liar (bangli) dan bangunan yang melanggar perizinan peruntukan  telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 182 Tahun 2012 dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2010. Pelanggar bisa terancam denda hingga 1 Miliar.

Camat Ciracas Mamad, SKM, MM saat dikonfirmasi via telp WhatsApp, terkait bangunan tersebut mengatakan, ” saya akan meninjau dulu lokasinya dan akan berkoordinasi, kan saya belum tau permasalahannya. terkait tindakan apa yang nanti akan kita lakukan kita cek dulu ya, “ujarnya.(bbg)

Editor: RB. Syafrudin Budiman, SIP

Loading...