KI Tetapkan PDI Perjuangan Partai Politik Paling Terbuka di Sumbar

31

TOPIKINI.COM – Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat menggelar penganugerahan pemeringkatan badan publik tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2017. Penyerahan anugerah itu dilakukan Kamis (28/12/2017) di auditorium gubernuran Sumatera Barat, jalan Jendral Sudirman kota Padang.

Pemeringkatan Badan Publik tahun ini didasarkan pada nilai Keterbukaan Informasi Publik sejumlah Badan Publik di Sumbar yang dibagi ke dalam 8 kategori, yakni: Kategori Nagari/Desa, Kategori OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar, Kategori Kabupaten/Kota se-Sumbar, Kategori Instansi Vertikal, Kategori Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD), Kategori Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS), Kategori Partai Politik, dan Kategori Sekolah Menengah.

Untuk kategori partai politik, PDI Perjuangan berada pada peringkat pertama dari lima partai yang masuk sebagai nominator. Yaitu PDI Perjuangan, PKB, PKS, Partai Demokrat dan Partai Perindo.

Menurut Adrian Tuswandi, salah seorang komisioner KI Sumbar, penilaian itu dilakukan dengan metodi pengisian kuisioner kepada masing-masing badan publik termasuk partai politik, yang dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2017.

“Kami menyerahkan kuisioner kepada masing-masing parpol dan juga badan publik lainnya, setelah itu kami lakukan verifikasi terhadap isian kuisioner yang diberikan, dan kami uji apakah sesuai dengan kondisi yang ada, selanjutnya kami lakukan wawancara langsung,” ucap Adrian Kamis (28/12/2017).

Selain pengisian kuisioner, KI juga melakukan pencarian dengan mesin pencari google tentang data dan pemberitaan partai ini di internet.

“Dari beberapa metode itu kami gabungkan nilainya, dapatlah nilai tertinggi yang diperoleh oleh PDI Perjuangan,” tambahnya.

Menurut Adrian, nilai tertinggi yang diperoleh memang belum nilai yang sempurna, namun poin yang diperoleh PDI Perjuangan paling tinggi dari partai lainnya.

“Kami berharap para pemenang melakukan penyempurnaan supaya bisa mencapai nilai kesempurnaan demi tercapainya apa yang menjadi amanat undang-undang no 14 tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik,” tutup Adrian.

Sementara itu wakil ketua bidang organisasi PDI Perjuangan Sumbar, Yeni S Tanjung yang hadir saat penganugerahan itu mengatakan, peringkat pertama yang diperoleh partainya tidak didapat begitu saja. Menurutnya, itu merupakan hasil dari usaha partainya sejak tiga tahun lalu.

“Kami mendapat peringkat tiga, tiga tahun lalu, kemudian peringkat dua dan sekarang peringkat pertama, itu memang hasil dari upaya perubahan yang kami lakukan seperti komuniaksi yang baik kepada kader, kemudian membuat papan informasi, jadi semua informasi yang dibutuhkan kader bisa dicek di papan informasi, semua data keuangan juga tercatat, juga SK yang berkait dengan keputusan partai juga bisa dilihat,” ucap Yeni.

Anugerah 3 kali berturut-turut untuk PDI Perjuangan

Yeni menambahkan, beberapa waktu lalu komisioner KI memberikan kuisioner untuk diisi, dan partainya memberikan informasi selengkap-lengkapnya seperti yang dibutuhkan.

“Memang beberapa bulan lalu petugas dari KI melakukan verifikasi terhadap kuisioner itu, dan kami menjelaskan apa adanya, jadi tidak ada yang ditutp-tutupi,” tambahnya.

Adapun peringkat badan publik pada masing-masing kategori, sebagai berikut:

A. Kategori Nagari/Desa
1. Nagari Sungayang (Kab. Tanah Datar)
2. Nagari Sungai Rumbai (Kab. Dharmasraya)
3. Nagari Sungai Duo (Kab. Dharmasraya)
4. Nagari Sikabu-Kabu, Tanjuang Haro (Kab. 50 Kota)
5. Nagari Tebing Tinggi (Kab. Dharmasraya)

B. Kategori OPD Sumbar
1. RSUD Achmad Muchtar
2. RSJ. Prof. H. B. Saanin
3. Dinas Lingkungan Hidup
4. Badan Keuangan Daerah
5. Badan Kepegawaian Daerah

C. Kategori Pemerintah Kab/Kota
1. Kab. Tanah Datar
2. Kab. Padang Pariaman
3. Kota Bukittinggi
4. Kab. Dharmasraya
5. Kab. 50 Kota

D. Kategori Instansi Vertikal
1. BPS Sumbar
2. BPKP Sumbar
3. BPK Sumbar
4. KPU Sumbar
5. Balitbu Tropika Sumbar

E. Kategori BUMN/BUMD
1. PT Semen Padang
2. PLN Sumbar
3. BPJS Kesehatan Sumbar
4. PT Jamkrida Sumbar
5. PT Balairung Citra Jaya

F. Kategori PTN/PTS
1. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang
2. Universitas Negeri Padang (UNP)
3. Politeknik Negeri Padang
4. STKIP PGRI Padang
5. Yastis Padang

G. Kategori Partai Politik
1. PDI-Perjuangan
2. PKB
3. PKS
4. Partai Demokrat
5. Partai Perindo

H. Kategori Sekolah Menengah
1. SMK 4 Kota Padang
2. MAN 2 Batusangkar
3. SMK 7 Kota Padang
4. MAN Kota Solok
5. MAN 2 Kota Padang
(art)

Loading...