Kebakaran Pasar Kambang, Puluhan Toko dan Rumah Warga Ludes

TOPIKINI, KAB. PESSEL – Puluhan petak toko beserta rumah warga di pasar Kambang kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, kamis malam (23/09/2021) ludes terbakar. Minimnya mobil pemadam kebakaran, serta kobaran api yang begitu besar, membuat api sulit dipadamkan.

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 23.00 wib Kamis tengah malam. Kobaran api yang begitu besar, membakar toko, kios dan lapak-lapak yang ada di pasar Kambang kecamatan Lengayang kabupaten Pesisir Selatan. Bahkan api terus menjalar hingga membakar beberapa rumah warga yang ada disekitar pasar.

Menurut wali nagari Kambang, Awaludin, kobaran api yang begitu besar serta rapatnya bangunan di pasar tersebut, membuat api cepat menyebar. Minimnya alat pemadam kebakaran juga menjadi kendala.

Di daerah tersebut hanya terdapat satu unit mobil pemadam kebakaran, sehingga tak bisa bekerja maksimal. Sementara bantuan mobil pemadam kebakaran terdekat berjarak 80 kilometer dari lokasi kebakaran.

“Saat ini api masih dalam proses pemadaman, kemudian kendala juga di Lengayang mobil pemadam hanya da satu sehingga tidak terlayani, bahkan ketika api sedang bergemuruh. Air didalam tangki habis, sehingga diminta bantuan dari Painan dan Balai Selasa,” kata Awaludin, wali nagari Kambang.

Hingga pukul 02.00 Jumat dini hari, api masih belum bisa dipadamkan. Belum diketahui berapa unit bangunan yang terbakar, karena petugas masih berjibaku memadamkan api. Kerugian akibat kebakaran, juga belum bisa ditaksir. Sementara penyebab kebakaran juga masih dalam penyelidikan. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut.(art)