Kantor Kerapatan Adat Nagari Talang di Solok Terbakar

38

TOPIKINI – Kantor Kerapatan Adat Negari (KAN) Talang di kecamatan Gunung Talang, kabupaten Solok, Kamis siang (02/05/2019) ludes terbakar. Api dengan cepat melalap seluruh bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu.

Dahsyatnya kebakaran yang terjadi di kantor milik Kerapatan Adat Nagari Talang tersebut terekam kamera handphone seorang warga. Besarnya kobaran api terlihat begitu cepat menghanguskan gedung yang berbentuk rumah adat ini.

Warga sekitar bersama aparat berusaha memadamkan api. Namun karena sebagian besar bangunan ini memakai bahan kayu, api pun sulit untuk dipadamkan .

Loading...

Empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api. Namun kantor dua tingkat ini tidak bisa terselamatkan dan hanya meninggalkan puing-puing rangka beton.

Menurut Khairul, kabid damkar kabupaten solok, proses pemadaman api memerlukan waktu satu jam lamanya. Kesulitannya, petugas pemadam kebakaran tiba dilokasi saat api sudah berkobar besar. Selain itu, lokasi gedung yang terbakar jauh dari sumber air.

“Kami sampai dilokasi ini api sudah besar, dan sumber air juga jauh dari lokasi, sedangkan barang-barang tidak banyak yang bias diselamatkan,” ucap Khairul, Kabid Damkar kabupaten Solok.

Tidak ada barang-barang yang bisa diselamatkan dari dalam kantor pertemuan adat ini, karena kobaran api yang sangat besar sehingga warga tidak berani mendekat.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat kepolisian. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.(garnadi)