Kadis Pertanian Kabupaten Solok, Sambangi Keltan Mungguang Indah Jarbat

17

Topikini.com, Solok— Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Siis, SP, bersilaturrahmi dengan Kelompok Tani Mungguang Indah, Dusun Jaro Batu, Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Jum’at sore (26/3).

Pertemuan tersebut dalam rangka bersilaturrahmi dan memenuhi undangan Keltan Mungguang Indah, sekaligus memberi pencerahan dalam pertemuan rutin bulanan Kelompok Tani Mungguang Indah tersebut.

Acara silaturrahmi ini juga dihadiri
seluruh anggota dan pengurus Kelompok Tani Mungguang Indah itu, serta juga dihadiri oleh PPL nagari sebtempat, Rozalinda.

Menurut Kadis Pertanian, Siis, kunci sukses dalam sebuah kelompok adalah kekompakan dan saling terbuka antara pengurus dan anggota.

“Selagi masih tetap kompak, saya yakin Kelompok ini akan sukses dan bisa meraih apa yang diinginkan. Namun kalau bisa, untuk kedepan kelompok harus bisa memiliki usaha sendiri untuk kemakmuran anggota,” sebutnya.

Pertemuan dengan Keltan Mungguang Indah di Jaro Batu ini, disambut oleh anggota dengan sangat antusias dan penuh kekeluargaan. Bahkan berbagai saran dan masukan, diutarakan oleh masyarakat, tanpa sungkam-sungkam kepada Kadis Pertanian.

“Kami merasa mendapat kerhormatan sekali bisa didatangi oleh Bapak Kadis pertanian Kabupaten Solok, karena beliau tampak sangat bersahabat dan mau mendengarkan jeritan hati kami,” tutur Mardianti Bendahara Keltan Mungguang Indah, yang diamini Sekretaris Jailani.

Hal yang sama juga disampaikan Jamalis dan Medi, anggota Keltan Mungguang Indah, di mana kehadiran Kadis Pertanian untuk mengunjungi Kelompok Tani dan masyarakat Jaro Batu, sungguh merupakan suatu kehormatan luar biasa bagi masyarakat setempat yang mayoritas bekerja di sektor pertanian dan perikanan.

Selain menyampaikan rasa bahagianya bisa mendatangi warga Jaro Batu, juga sekaligus memenuhi janjinya dengan para pengurus Keltan Mungguang Indah dan masyarakat Jaro Batu yang sudah dinilai sebagai keluarganya sendiri.

“Ini merupakan penghargaan juga bagi saya, karena saya keberadaan saya di sini seperti berada di rumah sendiri dan banyak menerima masukan dari anggota serta apa yang dibutuhkan,” tutur Siis, SP.

Sementara PPL Nagari Jawi-Jawi Guguak, Rozalinda, juga menyampaikan prosedur untuk mendapatkan berbagai jenis bibit tanaman dari dari Dinas Pertanian dan juga menjekaskan bagaimana mendapatkan pupuk bersubsidi.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Tani Mungguang Indah, Sofriwandy NR, kepada Kadis Pertanian Kabupaten Solok, memaparkan profil singkat tentang Kelompok Tani Mungguang Indah. Menurutnya, Keltan Mungguang Indah berdiri Tahun 1990 yang waktu itu digagas oleh Bapak Nurusan (Almarhum) tetapi sempat vakum beberapa tahun, karena yang bersangkutan meninggal dunia.

“Pada akhir tahun 2013, Keltan ini kembali kami aktifkan dan langsung membentuk Koperasi Simpan Pinjam. Di awal Januari tahun 2014, pengurus langsung membentuk koperasi dengan iyuran wajib Rp 100 per anggota dan iyuran bulanan sebanyak Rp 5000 per anggota serta rutin menggelar pertemuan setiap satu bulan sekali pada Minggu pertama setiap hari jum’at di awal bulan, ” Kata Wandi.

Sementara anggota Keltan berjumlah sebanyak 26 orang. Untuk uang tersebut dipinjam oleh anggota yang membutuhkan secara bergiliran.

“Alhamdulillah, selama waktu satu tahun, uang koperasi sudah terkumpul sekitar Rp 30 juta,” tutur Sofriwandy NR.