Kadis Lingkungan Hidup Padang Minta Maaf Telah Larang Wartawan Foto TPA Air Dingin

TOPIKINI.COM – Terkait larangan terhadap wartawan mengambil foto di tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Air Dingin kecamatan Koto Tangah Padang, Senin lalu (26 Februari 2018), kadis lingkungan hidup kota Padang Al Amin meminta maaf akan hal tersebut. Rabu sore (28 Februari 2018), pernyataan maafnya itu langsung disampaikan di depan puluhan awak media di TPA tersebut.

“Saya meminta maaf, mungkinkarena mis komunikasi saja, saya harap jangan dibesar-besarkan,” ucap Al Amin.

Kadis berharap agar persiapan dan pembenahan dari TPA tersebut dapat diselesaikan lebih dahulu, sebelum diberitakan. Sebab kota Padang saat ini bersiap untuk pemilihan Adipura tahun 2018.

Sebelumnya, Senin (26 /02/2018), 2 orang pewarta foto yaitu Givo dari Harian Singgalang dan Ilham dari Harian Haluan, hendak mengambil foto pengolahan sampah di TPA agar masyarakat lebih peduli dengan pengelolaan sampah tersebut.

Tetapi setiba di lokasi, mereka dicegat seorang wanita dari staf kantor di TPA dan menyarankan harus ada izin dulu dari kepala dinas Lingkungan Hidup. Kemudian mereka menelpon Kadis dan dalam percakapan telepon itulah Al Amin dalam suara yang cukup tinggi melarang mereka untuk mengambil foto. Alasannya, Kadis takut akan diberitakan hal-hal yang akan menghambat kota Padang meraih Adipura tahun ini.

“Sebenarnya saya tidak melarang, ini hanya mis komunikasi saja,” jelas Al Amin.

Akibat larangan tersebut, dua jurnalis foto tersebut gagal melakukan kegiatan jurnalistik.(Ju Abdi)

Loading...