Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat Lebaran Rabu, ini Alasannya 

188

TOPIKINI.COM – Ribuan pengikut tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat, menetapkan Hari Raya Idul Fitri Rabu (13/06/2018) esok, setelah menjalani puasa selama 30 hari sejak 14 Mei lalu.

“Kami telah mulai takbiran. Hari ini merupakan puasa terakhir kami,” ujar Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat Mursyid Malin Mudo saat diwawancarai topikini sebelum melaksanakan solat isya dan takbiran.

Kata Mursyid Syafri, penetapan Lebaran tarekat Naqsabandiyah berdasarkan kalender dengan metode hisab Munjid. Metode ini bersumber dari kitab Munjid yang diperkenalkan Syekh M Thaib sejak awal abad 20.

Dia menyebutkan Shalat Idul Fitri besok akan dipusatkan di Mushala Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, kota Padang tepat pukul 08.00 WIB.

Dia memprediksi akan ada ratusan jamaah yang berasal dari kota Padang, dan luar Kota seperti Solok, Payakumbuh dan daerah lainnya untuk ikut melaksanakan sholat Id.

“Selain tu juga ada puluhan masjid dan mushala di Padang yang serentak melaksanakan kegiatan Shalat Idul Fitri,” ujarnya.

Sebelum Shalat Idul Fitri, kata dia, akan dibagikan zakat fitrah kepada masyarakat yang berhak menerima.(Ju Abdi)

Loading...