Jalan Tol Padang – Pekanbaru, Mungkinkah?

527

TOPIKINI.COM – Infrastruktur jalan Sumbar perlu diberi akses agar dapat menjangkau dengan cepat jalan Tol Trans Sumatera yang dibangun oleh pemerintah yang melintasi kawasan Timur Sumatera dari Lampung sampai Aceh.

Kalau tidak, Sumbar yang terletak di kawasan Barat Sumatera akan ketinggalan jauh dari Provinsi Jambi dan Riau yang dilintasi jalan tol.

Untuk menghubungkan Sumbar dengan jalan tol Trans Sumatera, beberapa bulan yang lalu Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Sumbar melakukan ground breaking tanda dimulainya pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru.

Mencermati pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru itu tentunya tidak terlepas dari bermacam persoalan. Beberapa pendapat mengemuka, ada yang optimis dan ada pula yang pesimis, khususnya melihat rumitnya permasalahan pembebasan lahan di Sumbar.

Kemudian apakah memang dana pembangunannya sudah ada? Sebab gagasan pembangunan jalan tol Padang – Pekanbaru sudah ada semenjak zaman pemerintahan Presiden SBY, tapi tidak jadi-jadi karena dananya tidak ada.

Di samping itu secara hitung-hitungan bisnis pun jalan tol Padang – Pekanbaru katanya tidak layak, karena jumlah kendaraan yang melintas tidak maksimal.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, jalan tol Padang – Pekanbaru, mungkinkah?

Persoalan ini akan coba dibahas di dalam acara Dialog Kedjajaan Bangsa DPP IKA Unand yang rencananya menghadirkan narasumber Anggota DPR RI Komisi Infrastruktur Alex Indra Lukman, Dirut PT Semen Padang Yosviandri, Ketua KADIN Sumbar Ramal Saleh dan Kadinas PU Kabupaten Limapuluh Kota Yunire Yunirman. Narasumber akan membahas persoalan ini berdasarkan perspektif masing-masing sesuai dengan latar belakang mereka.

Diskusi yang merupakan series ke-3 dari Dialog Kedjajaan Bangsa ini akan dimoderatori oleh Dekan Fakultas Teknik Unand Insannul Kamil dan rencananya digelar pada hari Jumat tanggal 4 Mei 2018, pukul 14.15 – 17.00 wib bertempat di Sikola Cafe d.a. Sekretariat DPP IKA Unand Jl. Kis Mangunsarkoro, Ujuang Gurun Padang.(relis)

Loading...