Jalan Sumbar – Riau Lumpuh Total Akibat Longsor

2830

TOPIKINI – Jalan negara yang menghubungkan Sumatera Barat dengan provinsi Riau di kilometer 160 dari Padang, tepatnya di jorong Simpang Tiga nagari Koto Alam kecamatan Pangkalan Koto Baru kabupaten 50 Kota, Selasa (10/12/2019) pagi ditimbun longsor. Longsor juga menimbun tiga unit kendaraan truk dan minibus yang tengah berada di lokasi tersebut.

Menurut informasi anggota Satuan Lalu Lintas Polres kabupaten 50 Kota, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.00 Wib. Material longsor dari tebing bukit menimbun badan jalan sepanjang lebih kurang 50 meter dengan ketinggian sekitar dua meter.

Tiga unit kendaraan yang diseret longsor yaitu Truk Fuso, Truk Colt Diesel dan satu minibus travel AVP. Dua orang penumpang travel dilarikan ke puskesmas Tanjung Pati untuk mendapatkan perawatan. Keduanya menderita lebam akibat benturan yang dialaminya saat longsor menghantam.

Akibat kejadian ini, jalur Padang Pekanbaru itu kini lumpuh total dan tak bisa dilalui kendaraan, baik rodak empat ataupun roda dua. Ratusan kendaraan kini terjebak macet dikedua sisi jalan.

Petugas saat ini tengah berupaya mengevakuasi ketiga kendaraan, serta mengeluarkan material longsor yang menimbun jalan. Warga dan pengendara diminta bersabar, karena pengerjaan akan memakan waktu cukup lama.

Pengendara yang berada di sekitar lokasi dihimbau tetap berhati-hati karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan. Sementara pengendara dari Sumbar yang akan menuju Riau atau sebaliknya, dihimbau untuk mencari jalan alternatif yaitu melalui Kliran Jao Sijunjung.(art)

Loading...