Jalan Padang – Bukittinggi Putus Dihantam Banjir

TOPIKINI.COM – Jalan nasional yang menghubungkan kota Padang dengan Bukittinggi, Senin petang (10/12/2018) pukul 18.30 wib putus dihantam banjir. Banjir terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur kabupaten Padang Pariaman, sehingga mengakibatkan ambruk jembatan di jalur trans Sumatera itu.

Dahsyatnya terjangan air, terlihat dalam rekaman video amatir dari telepon genggam seorang warga di lokasi air terjun Lembah Anai kabupaten Padang Pariaman. Derasnya hujan yang turun dikawasan ini, mengakibatkan air terjun Lembah Anai meluap hingga ke jalan.

Pengendara yang nekad melewati jalan ini, nyaris dibawa derasnya air. Beruntung mereka bisa selamat dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Berjarak sekitar 10 kilometer dari lokasi ini ke arah kota Padang, banjir meruntuhkan jembatan di jalur trans Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Pekanbaru Riau ini. Jembatan yang ambruk tersebut terletak di Korong Pasa Usang Nagari Kayutanam Kec. 2×11 kabupaten Padang Pariaman, sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan.

Polisi terpaksa mengarahkan kendaraan ke jalur alternatif melalui jalur Sicincin Malalak, dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

“Jembatan putus sebelum pasar kayu tanam, itu tidak bisa dilewati sama sekali oleh kendaraan atau jalan kaki juga tidak bisa, jalan sementara kita arahkan ke Malalak, dan kita sudah kordinasi dengan Bukittinggi untuk sementara Terkendali dan Aman,” ucap AIPDA Nasrul, anggota lantas Padang Pariaman.

Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur daerah ini sejak senin sore hingga malam. Belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini. (Art)

Loading...