Inilah Wajah Batang Arau Usai Ditata dengan Anggaran Rp 25 Milyar dari Pusat

2457

TOPIKINI.COM – Pemerintah pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp 25 Milyar untuk penataan kawasan kumuh di kelurahan Batang Arau kecamatan Padang Selatan kota Padang, tahun anggaran 2018 ini. Senin sore (30/04/2018), lurah Batang Arau, Khairul bersama Satuan kerja Kemen PUPR, Zulherman, melakukan sosialisasi proyek ini kepada ketua RT, ketua RW, ketua Pemuda, tokoh masyarakat dan Bundo Kanduang di kantor lurah Batang Arau.

“Ini dulu adalah mimpi saya, alhamdulillah sekarang sudah terwujud, mulai dari bawah jembatan Siti Nurbaya ini sampai ke ujung jalan dekat Gunung Padang, akan ditata rapi, dipercantik dan dibangun taman-taman indah juga tempat bermain. Ini akan menjadi tempat tujuan wisata baru di kota Padang,” ujar Khairul, Lurah Batang Arau saat menyampaikan pemaparannya.

Pembangunan proyek penataan kawasan kumuh kelurahan Batang Arau ini, akan mulai dikerjakan bulan Mei tahun 2018 ini.

“Pemenang tendernya sudah ada, jika tidak ada aral melintang, bulan Mei ini sudah bisa dimulai pengerjaannya. Jadi ini bukan mimpi lagi, sudah menjadi kenyataan,” tambah pak Lurah.

Menurut Khairul, anggaran sebesar Rp 25 Milyar itu, berkah dari kunjungan kerja presiden Jokowi ke kota Padang bulan Februari 2018 lalu, juga berkat dorongan anggota DPR RI asal Sumatera Barat Alex Indra Lukman.

“Pak Alex titip salam untuk kita semua disini, mudah-mudahan pembangunan ini membawa peningkatan ekonomi bagi masyarakat Batang Arau,” ujarnya lagi.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Kementerian PUPR, Zulherman mengatakan, bahwa proyek ini terbesar nilainya dibanding proyek serupa tahun ini, mulai dari Aceh hingga Papua.

“Pemerintah pusat menjadikan proyek di kota Padang ini menjadi percontohan, dan alhamdulillah kita yang terbesar anggarannya dibanding provinsi lain mulai dari Aceh sampai Papua,” kata Zulherman, Satker KemenPUPR.

Zulherman menambahkan, bahwa proyek ini direncanakan mulai dari kawasan Seberang Padang hingga Gunung Padang. Namun untuk tahap awal dimulai dari bawah jembatan Siti Nurbaya.

“Ini proyek berkelanjutan, kita mengusulkan sampai Seberang Padang, dan untuk tahap awal ini sudah disetujui dimulai dari bawah jembatan Siti Nurbaya sampai ke ujung dekat Gunung Padang,” tambah Zulherman.

Warga dan tokoh masyarakat yang hadir di acara sosialisasi ini tampak bersemangat dan antusias dengan proyek ini. Mereka berjanji akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan proyek ini hingga tuntas.(art)

Loading...