Ini Alasan Penas Tani Batal Diselenggarakan di Padang

TOPIKINI – Kota Padang gagal menjadi tuan rumah Penas tani dan kontak tani nelayan andalan (KTNA) yang ke 16 tahun 2020.

Iven nasional yang semula akan diselengarakan di Aie Pacah kota Padang tersebut, akhirnya dipindahkan ke kabupaten Padang Pariaman.

Menurut rencana, Penas ke 16 itu akan diselengarakan pada tangal 20 hingga 25 Juni 2020. Kegagalan kota padang sebagia tuan rumah, disebabkan oleh berbagai faktor, seperti persiapan lahan, kesedian air bersih dan masalah pemondokan.

Wakil gubenur Sumbar, Nasrul Abit menjelaskan, keputusan tersebut diambil berdasarkan evaluasi dari tim kementerian Pertanian dan departeman Litbang, yang sudah beberapa kali berkunjung ke lokasi di Aie pacah untuk melakukan peninjauan dan penilaian persiapan.

Tim dari kementerian pertanilan sudah ingin menanam beberapa bibit ungul. Namun karena keterbatasan lahan dan permasalahan yang ada, akhirnya mereka membatalkannya dan memindahkannya ke kabupaten Padang Pariaman.

“Tim dari kementerian dan Litbang sudah beberapa kali meninjau di Aia Pacah, dan hasil penilaian mereka Padang tidak siap karena beberapa alasan itu,” kata Nasrul Abit, wakil gubenur Sumbar saat ditanya wartawan Selasa (10/12/2019).

Pemerintah provinsi Sumatera Barat tetap akan mensuport iven Penas Tani dan Kontak Tani Nelayan Andalan yang ke 16 di kabupaten Padang Pariaman.

Pasalnya iven ini berskala nasional dan akan di ikuti oleh 34 provinsi dan dihadiri sekitar puluhan ribu peserta dari seluruh provinsi.(Erizal)

Loading...