Ini Alasan Gubernur Sumbar tak Bisa Tolak Kedatangan Turis Cina

242
Gubernur Sambut Kedatangan Wisatawan Cina di BIM

TOPIKINI – Sebanyak 150 orang turis asal negara Cina, minggu pagi (26/01/2020) mendarat di Bandara International Minangkabau Sumatera Barat. Kedatangan mereka untuk melakukan kunjungan wisata selama lima hari di ranah Minang.

Terkait mewabahnya virus corona di negara tersebut, petugas bandara memperketat pengawasan suhu tubuh warga Tiongkok itu.

Dari pantauan alat deteksi suhu tubuh atau thermo scenner yang terpasang di dandara international minangkabau, tercatat rata-rata suhu tubuh para turis asal Cina ini berkisar antara 33 sampai 34 derajat celcius.

Angka tersebut menunjukkan suhu tubuh mereka masih dikategorikan normal. Sementara untuk suhu tubuh yang dikahawatirkan terjangkit virus corona yaitu diatas 38 derajat celcius.

Wisatawan ini datang dari kota Kunming provinsi Yunnan, yang berjarak cukup jauh dari kota Wuhan yang terjangkit virus corona. Selain itu, 150 orang wisatawan ini, sudah melalui sederet pemeriksaan, sehingga dinyatakan aman untuk berwisata ke Indonesia.

Menurut gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, pihaknya tidak bisa menolak kedatangan warga negara Cina ini ke daerahnya, karena sudah mendapatkan visa dari kementerian luar negeri. Selain itu, kunjungan wisatawan ini, menjadi salah satu upaya pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata.

“Kalaulah sekiranya berbahaya, atau sekiranya yang bersangkutan punya dampak ke negara kita, maka tentu dari pihak kementerian luar negeri atau dibes-dubes yang terkait, tidak memberikan visa kepada mereka untuk masuk ke Indonesia, maka seandainya diberikan visa, berarti boleh. Kalau boleh, berarti kita didaerah tidak bisa menolak orang datang dengan cukup syarat cukup visa dan sebagainya. Pemernitah masih melihat kondisinya terseleksi dan tidak berbahaya bagi kita,” kata Irwan Prayitno, gubernur Sumatera Barat.

Wisatawan Cina ini akan berada di Sumatera Barat selama lima hari, mengunjungi objek-objek wisata yang ada di daerah ini. Kedatangan mereka, mendapatkan dukungan dari sejumlah pemerintah kabupaten dan kota yang mereka singgahi.(art)

Loading...