Hati-hati, 68 Jenis Narkoba Baru Masuk Indonesia

TOPIKINI.COM – Indonesia menjadi pasar potensial bagi peredaran narkoba di dunia. Walaupun hampir setiap hari, selalu ada saja pengungkapan kasus narkoba oleh polisi dan BNN, namun hal itu tidak menyurutkan para pengedar untuk terus membawa barang haram tersebut ke Indonesia. Bahkan saat ini, sudah banyak narkoba jenis baru yang masuk ke tanah air.

“Saat ini saja sudah ada 68 jenis baru narkoba yang masuk ke Indonesia. Bentuknya macam-macam. Ada yang berbentuk seperti permen bulat, ada yang seperti biscuit, dan lain-lain,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi Sumatera Barat, Syamsul Bachri, kepada peserta sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di balai serbaguna Perumahan Lubuk Gading Permai I, Kelurahan Lubuk Buaya, Padang, Rabu (18/10) siang.

Sumatera Barat sudah dalam kondisi gawat darurat. Tahun 2016, berdasarkan survey yang dilakukan BNN dengan Universitas Indonesia, Sumatera Barat masuk dalam rangking ke-3 se-Indonesia untuk kategori pemakai narkoba di kalangan usia 10 tahun sampai 55 tahun. “Setiap hari di Indonesia, paling sedikit 30 orang mati karena narkoba,” ujar Syamsul Bachri.

Sementara itu, Kabid Pencegahan BNNP Raymond, mengatakan, untuk Sumatera Barat saja, tercatat ada 63.352 orang yang terlibat narkoba pada tahun 2015. “Dan jumlah ini terus bertambah setiap tahun,” kata Raymond. Bahaya narkoba ini, lanjut Raymond, bukan saja merusak otak, tapi juga dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, Raymond berharap agar warga yang diberi sosialisasi tentang bahaya narkoba dapat menyampaikan kepada para generasi muda dan warga masyarakat lainnya tantang bahaya narkoba ini, agar masa depan mereka lebih cerah dan cita-cita mereka bisa dicapai tanpa harus bersentuhan dengan narkoba. (dio)

Loading...