Hasnah Syam; Mari Kita Jauhkan Stunting dengan Cara Sukseskan Pendataan Keluarga

TOPIKINI, Maros – Anggota Komisi IX DPR RI, Drg. Hj. Hasnah Syam, MARS, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Jumat (04/06/2021) menggelar Sosialisasi Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana Bersama Mitra Tahun 2021 di kota Maros Sulawesi Selatan.

Kehadiran Hasnah sebagai narasumber untuk memberikan wejangan dan pengetahuan masyarakat, agar terbebas dari persoalan stunting.

Dalam orasinya, Hasnah memaparkan arti pentingnya pendataan keluarga yang tengah dijalankan oleh kader pendata, untuk menciptakan keluarga yang berkualitas.

“Pendataan keluarga bertujuan meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga berencana. Pendataan Keluarga ini sudah berjalan sejak 1 April 2021 namun pencapaian pendataan baru mencapai 67,8% Kartu Keluarga,” ucap Hasnah dihadapan puluhan warga yang menjadi perseta sosialisasi.

Pembangunan Keluarga adalah inti dalam Bangga Kencana. Acara ini berlanjut di Hotel Grand Town Pengayoman, dengan materi yang tak jauh beda, yaitu tentang pendataan keluarga untuk menciptakan keluarga berkualitas.

BKKBN diberi amanat oleh pemerintah untuk melakukan pengendalian penduduk sebagai bentuk kepedulian Negara kepada masyarakat. Salah satu warga bertanya tentang maksud dari Bangga Kencana yang kemudian dijawab oleh Hasnah sebagai bentuk sasaran utama pengendalian penduduk.

“Saya harap masyarakat juga ikut mensukseskannya, agar kita semua sama-sama bisa menikmati hasilnya, yaitu hidup yang lebih sejahtera,” lengkapnya.

Acara tersebut juga dihadiri Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Makassar, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Muh Rafli ditemani Ichsan Kabir.

Menurut politisi Partai Nasdem ini, melalui pendataan tersebut, pemerintah akan menentukan arah pembangunan manusia kedepan, agar lebih tepat sasaran.

Acara ini digelar dalam dua sesi. Acara pertama  Jam 08.30 Jl. Sultan Hasanuddin Aula Cafe Bagas Kota Maros, kemudian dilanjutkan jam 10.00 Aula Ouskesmas Madani, kota Maros Sulawesi Selatan(randi)