Hari ke 2 Pendaftaran Calon DPD RI, 12 Orang Sudah Mendaftar di KPU Sumbar

33

TOPIKINI.COM – Para pendaftar calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD, yang mendaftar ke KPU Sumatera Barat, hari Selasa (10/7), mulai ramai.

Dari 26 orang yang mengambil formulir, baru 12 orang yang mengembalikan formulir pendaftaran tersebut. Ini merupakan hari kedua dari waktu tiga hari yang disediakan.

Satu persatu, para pelamar calon anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Sumatera Barat, mulai mendaftar ke kantor KPU Sumatera Barat.

Mereka datang dengan membawa sejumlah berkas yang menjadi peryaratan administrasi yang harus diserahkan. Petugas pendaftaran KPU kemudian memeriksa kelengkapan berkas tersebut satu-persatu.

Petugas yang melayani pendaftaran calon anggota dpd tersebut, dibagi dalam beberapa meja. Karena keterbatasan petugas, terpaksa beberapa orang pendaftar harus menunggu giliran untuk dilayani.

Sistem pengisian informasi yang diterapkan oleh KPU Sumatera Barat, menyebabkan para calon berbeda-beda waktunya dalam menuntaskan pemeriksaan berkas.

Hal ini diakui salah seorang pendaftar yang juga mantan anggota DPD RI, Alirman Sori, bahwa sistem pendaftaran calon anggota DPD sekarang ini lebih kompleks dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Dari segi administrasi dan tertib laporan, sistem sekarang lebih bagus. Karena ini merupakan sistem baru, memang diperlukan penyesuaian,” kata Alirman Sori.

Sementara menurut Izwaryani, Komisioner KPU Sumatera Barat, pihaknya akan melakukan ferivikasi data. Jika sudah sesuai, akan diterbitkan dalam daftar calon sementara.

“yang belum memenuhi syarat, ada masa perbaikan. Sedangkan yang sudah diterbitkan dalam daftar calon sementara, dipblish untuk menunggu reaksi masyarakat. Jika tidak ada tanggapan masyarakat, selanjutnya daftar calon sementara itu ditetapkan dalam daftar calon tetap,” ujar Izwaryani.

Komisioner KPU yang sudah memeriksa kelengkapan persyaratan calon angggota DPD kemudian menyerahkan surat tanda terima kepada calon tersebut. Pendaftaran calon anggota DPD RI ini dibatasi selama tiga hari, dan berakhir hari Rabu tanggal 11 Juli 2018. (dio)

Loading...