Harga Sayuran di Solok Naik Sampai 100 Persen

53

TOPIKINI.COM – Sejumlah harga kebutuhan pokok jenis sayur sayuran seperti cabe, bawang dan beberapa jenis lainnya di Solok, mengalami kenaikan. Kenaikan ini berkisar antara sepuluh hingga seratus persen dari harga sebelumnya.

Dari pantauan Topikini.com Jumat siang (08/12/2017) di pasar raya Solok, harga cabe merah, cabe rawit, bawang merah serta beberapa jenis sayur-sayuran lainnya mengalami kenaikan.

Untuk cabe merah sebelumnya dikisaran harga Rp 24.000 per kilogramnya, sekarang naik menjadi Rp 40.000 perkilogramnya. Demikian juga dengan harga bawang merah, sebelumnya seharga Rp 20.000 perkilogram, saat ini menjadi Rp 24.000 perkilogram.

Namun dari beberapa kebutuhan pokok tersebut, harga cabe rawit mengalami kenaikan yang cukup drastir. Sebelumnya dikisaran Rp 30.000 perkilogramnya, saat ini bisa didapat dengan harga dua kali lipat yaitu Rp 60.000 perkilogramnya.

Menurut sejumlah pedagang, naiknya harga tersebut disebabkan faktor cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, yang mengakibatkan stok yang tersedia ditingkat pedagangsaat ini menipis.

“Harga cabe sekarang lagi naik, biasa Rp 24 ribu sekarang Rp 34 ribu, dan cabe Lampung sekarang Rp 40 ribu. Kenaikan ini karena pengaruh cuaca, karena hari hujan jadi cabe kita sekarang kurang memadai,” ucap Siti, salah seorang pedagang cabe.

Hal senada juga disampaikan pedagang lain, seperti yang diutarakan Delvi. Menurutnya kenaikan harga karena kurangnya pasokan cabe saat ini.

“Pasokan sekarang mulai berkurang, cabe Jawa mulai ndak masuk,” kata Delvi.

Sementara itu, terkait naiknya harga beberapa jenis sayur-sayuran tersebut, menurut pedagang, mengakibatkan daya beli masyarakatpun ikut mengalami penurunan dari hari-hari sebelumnya.(Garnadi)

Loading...