Hadapi Pilkada kota Padang, PPS Gelar Bimbingan Teknis untuk KPPS

23

TOPIKINI.COM – Pilkada serentak 2018 semakin dekat. Untuk itu, KPU melalui panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan, melaksanakan bimbingan teknis kepada anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), tentang cara pelaksanaan pemungutan suara di TPS masing-masing. Sayangnya sound sistem yang digunakan tidak memadai, sehingga banyak peserta yang memahami penjelasan dari PPS tersebut.

Salah satu Panitia Pemungutan Suara yaitu PPS Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Minggu (10/6), menggelar bimbingan teknis terhadap 154 anggota KPPS, yang akan melaksanakan pemungutan suara di TPS masing-masing. Mereka diberikan materi tentang peran dan tugas masing-masing, diajari cara mengisi formulir yang tersedia, dan juga diajari cara menghitung suara.

Sayangnya, cara penyampaian yang dilakukan petugas PPS, tidak memadai, karena tidak adanya sound sistem yang bagus, tidak adanya layar in fokus maupun papan tulis, yang bisa dijadikan sarana untuk memberikan penjelasan secara rinci. Akibatnya, banyak peserta bimtek yang masih kebingungan terhadap cara-cara penghitungan suara dan pengisian blanko formulir yang tersedia.

Faktor kendala yang paling utama adalah suara sound sistem yang tidak jelas sama sekali. Suara speaker hanya terdengar di bagian depan saja, sedangkan di bagian belakang, hanya suara dengungan saja yang terdengar.

“Sound sistemnya tidak bagus. Suaranya tidak jelas. Kami tidak mengerti dengan penjelasan yang disampaikan oleh penceramah, terutama cara-cara pengisian blanko dan penghitungan suara,” kata Bagindo Darmalis, peserta bimtek.

Menurut ketua PPS Kelurahan Bungo Pasang, pihaknya masih akan melakukan pelatihan sekali lagi, yang diperuntukkan bagi ketua dan anggota KPPS, yang khusus bertugas menghitung suara hasil pemilihan. “memang sekarang belum maksimal. Tapi kami akan melakukan bimtek sekali lagi, dengan mengundang dua orang dari setiap KPPS, untuk penajaman materi,” kata Silvania, ketua PPS Kelurahan Bungo Pasang.

Panitia Pemungutan Suara masih akan menggelar bimbingan teknik kepada anggotra KPPS sekali lagi, menjelang pelaksanaan pilwako padang yang digelar pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. (dio)

Loading...