Green Talao Park Objek Wisata Baru di Padang Pariaman

255

TOPIKINI – Warga nagari Ulakan kabupaten Padang Pariaman berhasil mengubah hutan rawa yang selama ini terabaikan menjadi kawasan wisata yang menarik.

Objek wisata yang diberi nama Green Talao Park ini dikelola oleh masyarakat setempat, dengan melibatkan pemuda dan warga sekitar.

Objek wisata Green Talao Park, terletak di kawasan pantai Tiram di nagari Ulakan kecamatan Ulakan Tapakis Padang Pariaman, sekitar 30 menit dari kota Padang. Untuk berwisata di kawasan ini, pengunjung dipungut karcis masuk hanya Rp 5.000,-.

Yang menarik di kawasan seluas satu hektar lebih ini, terdapat lintasan kayu atau tracking, melintasi pantai dan hutan rawa di lokasi ini dengan panjang lebih kurang satu kilometer.

Sepanjang lintasan kita disuguhi pemandangan yang sangat menarik untuk diabadikan. Selain itu juga terdapat sejumlah gazebo atau pondok-pondok untuk beristirahat.

Di lokasi ini juga terdapat rumah pohon dan teras pohon untuk beristirahat dengan tiupan angin laut yang sejuk, yang membuat kita lupa diri dan ingin berlama-lama di tempat ini.

Kawasan ini baru dibuka dan menerima kunjungan wisatawan sejak satu bulan lalu, setelah penerapan new normal atau tatanan baru. Pada hari libur sabtu dan minggu, pengunjung tempat ini bisa mencapai 700 hingga seribu orang perhari. Omset yang mereka perolah bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 8 juta perhari.

“Ini merupakan ide dari salah seorang warga bernama Adi Kurniawan yang selalu memikirkan bagaimana menjadikan daerah ini menjadi objek wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Lukman, koordinator lapangan pengelola Green Talao Park.

Menurut pengunjung, tempat wisata ini tergolong unik, karena keunikannya tak dijumpai di tempat lain.

“Karena ada tracking nya itu, tempat ini menjadi unik dan menarik, selain itu udaranya juga sejuk dan banyak gazebo dan rumah pohon untuk beristirahat, pokoknya unik dan jarang ada di tempat lain,” ucap Illa Alhabsyi, salah seorang pengunjung.

Objek wisata Green Talao Park ini rencananya terus akan dikembangkan dengan wahana-wahana permainan anak, karena tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga.(art)

Loading...