GIBRAN RAKABUMING RAKA; LEBIH DARI YANG PERNAH KUBAYANGKAN

43

Pemimpin Baru, Harapan Baru, Solo Lompatan Baru

Ir. Ivan PP

Pada waktu mulai dikumandangkannya Gibran Rakabuming Raka akan mencalonkan diri sebagai Calon Walikota Solo, saya juga salah seorang yang _kurang sreg_ bahkan dalam hati menentang sama seperti kebanyakan orang. Politik Dinasti, Dinasti Politik, KKN, Aji mumpung, demikianlah satire publik , sayapun menyetujui dalam hati dan pikiran pada waktu itu.

Apalagi di Medan Bobby Nasution juga mencalonkan sebagai Calon Walikota Medan. Genaplah kejengkelan dalam hati, “Kenapa harus seperti
ini ?”. Tak terbendung rasa kecewa muncul.

Namun, setelah saya berkunjung ke 2 kota itu, Medan Kota kelahiran dan tempat saya dibesarkan, Solo kota leluhur istri saya/Mangkunegaran, mengkaji permasalahan yang ada , banyak diskusi dgn teman-teman disana, akhirnya saya dapat mengerti bahwa kalau Medan dan Solo mau lebih maju lagi dan lepas dari keterikatan masalah selama ini, khususnya Medan, memang harus mereka berdua inilah yang perlu diberi kesempatan memimpin di kota -kota ini.

Medan dalam 3 periode Kepemimpinan sebelumnya mulai dari Walikota Abdillah, Walikota Rahudman Harahap, dan terakhir Walikota Dzulmi Eldin semuanya tersandung kasus Korupsi/KPK dan berhenti ditengah jalan. Terbayang sangat terganggunya pembangunan Kota Medan dalam kurun waktu yang panjang gara-gara ini semua. Akhirnya masyarakat Kota Medan sendiri yg sangat rugi.Banyak pembangunan kota yg tidak berjalan sebagaimana mestinya.Jalan berlobang lobang sudah dilihat sendiri oleh Presiden Jokowi ketika berkunjung ke kota Medan.

Demikian juga Solo, meskipun tidak punya masalah seperti di Medan , tapi kalau dilihat dari potensi dan warisan budaya yang begitu tinggi serta warisan sejarah yg begitu kaya, seharusnya Solo majunya bisa lebih dari yg sekarang. Memang sejak kepemimpinan Pak Jokowi dan kemudian Pak Rudy Solo memang bergerak maju terus. Tapi dalam analisa saya, banyak orang juga, dgn potensi besar yg dimiliki Kota Solo, seharusnya majunya melompat bukan bergerak biasa.

Dua anak muda ini Gibran(33) dan Bobby (29), memang masih sangat muda dalam usia sebagai pemimpin publik/ masyarakat bila dibandingkan dgn kelaziman selama ini , meskipun secara pendidikan mereka cukup mumpuni. Tapi harus diakui pengalaman di dalam kepemimpinan politik memang belum ada. Dan menjadi kader partai juga baru.Inilah yg banyak diragukan masyarakat dan jadi semacam kritik pedas juga. Tapi saya akhirnya mendapat suatu jawaban yg meyakinkan di hati ttg keraguan- keraguan ini. Ya benar memang mereka masih sangat muda, ya benar memang mereka belum punya pengalaman di dunia politik, tetapi apa yg melekat di dalam diri mereka berdua ,ini yg menjadi sangat penting yaitu yang membuat mereka bila memimpin nanti akan memiliki Strongth Leadership (sebagai putra dan mantu Presiden.)

Strongth Leadership inilah yang menurut hemat saya sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk Kota Medan keluar dari keterikatan masalah klasiknya selama ini dan Solo dapat melakukan lompatan kemajuan, bukan bergerak linear seperti biasa.

Bila sudut pandang berpikir seperti ini yg kita pakai pastilah meredah kritikan kita, bahkan mungkin balik menyetujui. Suatu hasil yang extraordinary diperoleh dari cara berpikir dan bertindak yang extraordinary pula. Medan tidak bisa diselesaikan dgn cara yg biasa. Memang Gibran Solo dan Bobby Medan bukan urusan yang biasa. Solusinya harus Out of the Box”.

Mari kita lihat sekarang tentang Gibran dan Solo.

Saya bertemu Gibran tgl 28 Oktober 2020 yg lalu di Solo dalam suatu acara yang kami Organ Nusantara Bangkit adakan yaitu “Masa Pandemi Gibran Peduli Seniman Solo; 15 Pelukis Solo melukis Gibran.”

Saya mendengar langsung Mas Gibran memberi sambutan pada acara itu. Berdampingan dgn jarak yg dekat. Terus terang saya merasakan ada aura kepemimpinan yg kuat di dalam personalitinya Mas Gibran, bukan sekedar karena statusnya sebagai anak Presiden. Tapi saya melihat memang di dalam dirinya sendiri punya kharisma, potensi dan talenta yg besar yg dianugerahkan Tuhan kpd dia.

Tadi malam, Jumat 6 November, setelah melihat debat Perdana Calon Walikota Solo, saya semakin di yakinkan lagi bahwa Gibran Rakabuming Raka memang pantas diberi kesempatan memimpin Kota Solo 2020-2025. Sekali lagi saya diyakinkan , bukan karena Mas Gibran anak Presiden tapi memang dirinya sendiri punya talenta dan potensi yang besar.

Kualitas jawaban-jawabannya sangat baik, mengalir, tertata dan sistematis.Meskipun menjawab dalam waktu singkat,namun bisa merangkum semua inti persoalan dalam kalimat- kalimat yang singkat dan tepat waktu. Sesuatu yang tidak mudah.

Jadi kalau Debat tadi malam itu tdd 5 Sesi maka siapapun pasti setuju Pasangan Gibran-Teguh mencukur habis Pasangan Bajo , telak, 5-0.

Bila tolak ukur ini juga yang kita pakai untuk menilai, al :
1) Kualitas isi gagasan-gagasan dan jawaban-jawaban .
2) Cara menyampaikan/sistimatika.
3) Kesesuaian antara yg ditanya dan yg dijawab
4) Keyakinan thdp apa yg disampaikan
5) Antusiasme
6) Gesture
7) Ketepatan waktu

Semua yang menonton pasti setuju juga Gibran-Teguh lah pemenangnya.

Saya pribadi sangat suka dgn Kota Solo, betah untuk berlama- lama di Kota Solo. Kulinernya macam ragamnya, enak semua. Saya tak pernah bosan makan soto di Solo. Hampir setiap pagi saya sarapan soto dgn tempat yg Soto terkenal yg berbeda beda.Masyarakatnya ramah, warisan budayanya begitu tinggi, warisan sejarahnya begitu kaya yg pernah jadi salah satu pusat Kerajaan Nusantara/ Mataram. Meskipun bukan kota dataran tinggi, tapi tidak terlalu panas. Relatif tidak ada kemacetan. Hotel dari kelas Melati sampai bintang lima tersedia dgn jumlah yg banyak dan harga relatif murah dibanding kota- kota lain. Kotanya tidak begitu luas hanya 44 km persegi, tetapi semua lengkap ada disini.Memang perlu ada perbaikan lagi disana sini, agar cantiknya kota Solo nanti secantik Legenda cantiknya/ ayune Putri Solo yg kesohor diseantero Nusantara itu.

Gibran Rakabuming Raka harapan baru mewujudkan itu semua.Melihat potensi yg ada di dalam diri Mas Gibran dan strongth leadership yg melekat didalam dirinya, saya berkeyakinan Gibran Rakabuming Raka mampu mewujudkan semua harapan dan impian terhadap Kota Solo.

Mari dukung dan beri kesempatan Gibran- Teguh memimpin Kota Solo 2020-2025.

-***-

Ir. Ivan PP
Ketua Umum
Dewan Pimpinan Pusat
NUSANTARA BANGKIT

Loading...