Genjot Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sijunjung, Pemda Kukuhkan 15 Pokdarwis

24

TOPIKINI – Guna meningkatkan fungsi, posisi serta peran masyarakat sebagai pelaku penting dalam pembangunan kepariwisataan serta dapat bersinergi dan bermitra dengan pemangku kepentingan terkait, dalam meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Sijunjung, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dikukuhkan dan diberikan sosialisasi.

Pada Kesempatan itu, Pokdarwis dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung, Senin (26/8/19).

Bupati dalam arahannya mengatakan, Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Barat yang melakukan pengembangan dunia pariwisata.

”Pengembangan potensi lokal sebagai dasar membangun daerah adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, oleh sebab itu sumber daya manusia dan sumber daya alam merupakan faktor utama dan strategis bagi tercapainya keberhasilan pembangunan suatu daerah,” ujarnya.

“Pembangunan SDM harus ditekankan pada penguasaan kompetensi yang terfokus pada suatu bidang tertentu yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan daya saing terutama antar Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat,” lanjut bupati.

Ia berharap kepada peserta agar mengikuti kegatan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

”Tingkatkan sinergitas antara Pokdarwis dengan Pemerintah Daerah dan pihak lainnya untuk membangun Kepariwisataan di Kabupaten yang kita cintai ini,” pesan Yuswir.

Atas nama Pemerintah Daerah, bupati juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PT. Bank Central Asia Tbk, atas dukungan dan kerjasamanya pada kegiatan pengukuhan dan sosialisasi kelompok sadar wisata se Kabupaten Sijunjung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Azneldi menjelaskan kegiatan ini diikuti sebanyak 225 orang dari 15 Pokdarwis yang tersebar dari lima Kecamatan di Kabupaten Sijunjung.

”Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pariwisata di nagari masing-masing melalui Program “one village one destination“, juga untuk meningkatkan SDM di bidang pengelolaan pariwisata dan pengembangan wisata di Sijunjujung serta untuk menguatkan kerjasama antara BP Geopark dengan Industri Kecil Menengah (IKM),” kata Azneldi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan launching program one village one destination secara simbolis oleh Bupati sijunjung, ditandai dengan pemukulan gong.(Relis)

Loading...