Ditanya Anak “Untuk Apa Puasa?”, Jawaban Ibu muda ini buat kita Sadar

4715

TOPIKINI.COM – Akhirnya dapat pertanyaan ini juga dari Azzam. Hehehehe… Kirain cukup dengan mengatakan puasa itu soal iman, dapat pahala besar, menumbuhkan rasa empati kepada orang miskin, memunculkan rasa syukur karena Allah telah memberikan nikmat yang banyak sehingga tidak merasakan laparnya orang miskin.

Azzam tau bagaimana laparnya orang miskin? Mama pernah merasakannya, lapar banget sampai keluar keringat dingin dan rasanya gak enak. Lemeeessss tapi gak ada makanan. Ditolong sama jambu biji yg diambil anak2 tapi dibuang karena masih muda. Rasanya kelat, tapi harus ditelan.

Kaya dan miskin sebenarnya sama aja kok, sama2 ujian dari Allah. Tergantung cara menyikapinya. Dan wejangan ini hanya mempan saat Azzam mulai bilang, ma lapar. Tapi lama2, nanya juga kenapa harus puasa.

Waktu aku kecil dulu gak kepikiran buat nanya hal begituan. Pokoknya perintah Allah, wajib dikerjakan. Tapi anak sekarang gak begitu ternyata. Pertanyaan kenapa harus puasa itu bisa diartikan apa untungnya buat kita puasa. Ada untung ruginya..

Mikiiiir…. Kemudian mulai mengulas. Perut kita ada usus namanya. Diciptakan Allah dengan ketentuan setiap 6 jam sekali harus dikosongkan. Tapi…. Allah tau, manusia tidak akan sanggup berhenti mengunyah dalam 6 jam.

Makanya disuruh puasa sekali setahun selama sebulan. Supaya apa? Supaya racun2 yg ada dalam usus bisa dibuang maksimal dan usus kita bisa istirahat. Tau sendiri kan.. Makanan kita banyak racunnya. Azzam suka jajan ada zat pewarna, pengawet, penyedap rasa, pemanis buatan (soal ini dia udah paham karena ada pelajaran di sekolah). Numpuuuk selama setahun, dikuras selama sebulan melalui puasa.

Selama menjelaskan ini, nanyanya banyak. Enggak diam aja. Maknya pusing. Sampai nanyanya gini, timbangan di akhirat itu spt apa ya ma? Hadeuuuhhhh…. Karena kata ustadz puasa itu menggugurkan dosa2, memberatkan timbangan pahala. Nah yg dtanyakan soal timbangannya spt apa. Wakakakakakak…….

Jadi udah tau ya…. Puasa itu untuk kita. Supaya sehat. Eh, puasa itu keuntungannya buat kita, malah dikasih pahala sama Allah. Allah itu bener2 Maha Penyayang kepada hambaNya.

Anaknya manggut2, emak dalam hati Alhamdulillah. Semoga setelah ini gak ada lagi nanya macam2.

Penulis : Rahma Nurjana

Loading...