Diluncurkan, Semua Transaksi Perbankan di Sumbar kini Cukup Pakai Satu Kartu

98

TOPIKINI.COM – Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat beserta pimpinan bank di Ranah Minang akan segera merealisasikan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di kota Padang, Selasa siang (31/07/2018). Sistem GPN ini akan segera direalisasikan akhir tahun ini juga. Dengan sistem gini, semua nasabah perbankan bisa melakukan semua transaksi perbankan hanya dengan memiliki satu kartu debit bermerek GPN.

Kegiatan ini dimulai dengan pemukulan gendang oleh kepala BI Sumbar beserta pimpinan bank pada acara Kickoff Kampanye GPN dan penukaran kartu berlogo GPN di kantor BI perwakilan Sumbar di jalan Sudirman kota Padang.

Siapa Presiden & Wakil Presiden 2019 Pilihan Anda?

Setelah itu, seluruh pihak perbankan yang hadir secara simbolis membagikan kartu berlogo GPN kepada nasabahnya masing-masing.

Gerbang pembayaran nasional atau GPN ini merupakan sistem terbaru yang diberlakukan Bank Indonesia terhadap seluruh perbankan di Indonesia untuk mempermudah transaksi perbankan oleh nasabah.

Dengan GPN tersebut, seluruh nasabah bisa melakukan transaksi perbankan dengan memakai satu buah kartu debit berlogo GPN di semua ATM berbagai bank. Dengan diberlakukannya sistem GPN tersebut, terjadi penghematan biaya transaksi dan terjadi kemudahan serta keamanan oleh nasabah.

Sistem GPN tersebut dikelola oleh lembaga switching yang terintegrasi terhadap seluruh pebankan di Indonesia. Lembaga itulah yang mengelola semua lalu lintas transaksi perbankan yang dilakukan oleh nasabah.

“Bank Indonesia menargetkan tahun ini realisasi pemindahan kartu dan mesin ATM berlogo GPN di Indonesia sekitar 30 persen, dan ditahun 2023 mendatang seluruh nasabah sudah memiliki kartu yang berlogo GPN dan semua mesin ATM pun sudah terkoneksi sistem GPN tersebut,” ucap Endy Dwi Tjahjono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumbar.

Di Sumatera Barat khususnya di kota Padang, ada 29 lembaga perbankan dari negeri hingga swasta yang akan terkoneksi sistem GPN. Di Sumatera Barat pun, Bank Indonesia  juga menargetkan 30 persen realisasi sistem GPN tersebut di tahun ini.(Ju Abdi)

Loading...