CV. BHD Hadir Di Tengah-Tengah Masyarakat Guna Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian Menuju Swasembada Ketahanan Pangan

Melawi – Indonesia merupakan negara agraris, sehingga pertanian merupakan sektor yang memberikan kontribusi yang cukup besar. Sektor pertanian merupakan sektor yang strategis dan berperan penting dalam perekonomian nasional dan kelangsungan hidup masyarakat.

Hal ini disampaikan Hendrik Kiswanto GM CV.Bumi Hijau Daun, Minggu (19/07/2020) kepada media di Melawi, Kalimantan Barat.

“Pertanian Indonesia pernah menjadi salah satu negara pengekspor beras terbesar di dunia, tetapi tidak selamanya keadaan pertanian di Indonesia berada pada kondisi yang unggul. Salah satu upaya yang dapat
menghasilkan produk unggul dari pertanian adalah penggunaan pestisida, pupuk organik/anorganik sangat
disarankan karena tanpa bahan kimia berbahaya,” ujar Hendrik.

Menurutnya, pertanian merupakan sumber yang sangat penting dalam mengelolah aneka jenis sayuran, tanaman, dan buah-buahan, dengan memiliki lahan yang subur menciptakan hasil pertanian yang melimpah. Namun banyak kendala dalam melakukan proses pertanian diantaranya yaitu lahan yang tidak subur,hama serta kendala pertanian lainnya.Disamping itu kebutuhan produk penunjang pertanian seperti pupuk kurang memadai dan harganya relatif mahal.

“CV.BHD hadir ditengah-tengah masyarakat guna meningkatkan hasil produksi menuju Swasembada Pangan dan Peningkatan Ekspor, pemerintah telah mencanangkan program peningkatan di sektor Pertanian dalam arti luas,” ungkapnya.

Guna menunjang Program Pemerintah di sektor pertanian, CV. Bumi Hijau Daun yang bergerak dibidang usaha antara lain Sebagai Distributor Pupuk Organik dan anoganik. CV BHD juga Melayani penjualan Pupuk jenis lainnya, Pestisida, insektisida, herbisida ,obat-obatan tanaman lainnya. Benih dan bibit pertanian dan tanaman lainnya. Disamping itu CV BHD juga turut membina para petani dan usaha pertanian umumnya mulai dari pra produksi sampai pasca panen serta menjalin hubungan kerjasama dengan instansi, lembaga, perusahaan, kelompok dan masyarakat secara luas dalam mengembangkan dalam bidang pertanian.

“Dengan kehadiran CV. Bumi Hijau Daun ini ditenga -tengah masyarakat dapat memberikan manfaat dalam
upaya lebih meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, perikanan dan perternakan saat ini maupun dimasa yang akan datang,” ujar Hendrik.

CV.Bumi Hijau Daun selalu mendukung kegiatan tanam perdana holtikultura dari kelompok tani mandiri yang ada di Kabupaten Melawi maupun Kabupaten lainnya yang ada di Kalimantan Barat. Dimana bidang pertanian yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga di masa pandemik covid 19. Saat ini BHD mendukung kegiatan agroforestri kelompok tani hutan yang ada di Kabupaten Sintang dalam rangka mensejahterakan petani di Desa Kunyai, Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang.

“Keuntungan masyarakat atau kelompok tani ketika bergabung dengan BHD akan mendapatkan binaan dan pendampingan secara kontinyu dalam menjalankan baik yang berkaitan dengan teknis agronomis dan dapat bermitra dalam penanganan pasca panen serta pengolahan hasil tentunya,” pungkas Hendrik.

Penulis: Lilik Hidayatullah

Editor: RB. Syafrudin Budiman, SIP

Loading...