Capaian Vaksinasi Covid-19 di Nanggalo Kota Padang, Mendekati Herd Imunity

Darul Siska (baju putih) memebrikan paket sembako kepada peserta sosialisasi

TOPIKINI, PADANG – Kesadaran masyarakat untuk ikut vaksinasi di kota Padang, semakin membaik. Hal ini terlihat saat acara sosialisasi pendataan keluarga dan kelompok sasaran bangga kencana bersama mitra tahun 2021 yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diselingi juga vaksinasi di Poltekkes Siteba kecamatan Nanggalo kota Padang, Sabtu lalu (06/11/2021). Terlihat antusias masyarakat cukup tinggi, ingin mendapatkan vaksinasi gratis tersebut.

Dari 150 dosis vaksin yang disediakan petugas vaksinator dari puskesmas Nanggalo, semuanya habis disuntikkan kepada peserta sosialisasi dan juga warga sekitar.

Menurut warga, mudahnya mendapatkan akses suntik vaksin saat ini, membuat mereka tak perlu meluangkan waktu khusus hanya untuk mendapatkan vaksinasi.

“Selama ini saya tugas kerja sering ke luar kota, jadi baru sekarang bisa, apalagi ini dekat dari tempat tinggal saya,” ucap Rahmat Hidayat, peserta vaksin.

Menurut data camat Nanggalo, saat ini sudah 65% warganya yang telah mendapatkan suntik vaksin dosis pertama, dan vaksin dosis kedua sudah 47% dari 49 ribu target vaksin di kecamatan ini. Sementara untuk menciptakan herd imunity atau kekebalan kelompok, setidaknya diperlukan 70% anggota kelompok tersebut sudah mendapatkan vaksinasi.

“Kita buka digerai-gerai vaksinasi, di kecamatan kita selalu buka setiap hari, puskesmas itu wajib, mana ada masyarakatnya yang masih kurang vaksinnya, kita bawa kesana vaksinatornya,” kata Magdalena, camat Nanggalo.

Lokasi acara di halaman parkir Poltekkes Siteba

Tidak hanya pemerintah daerah, anggota DPR RI pun turun tangan mendongkrak angka capaian vaksinasi di Sumatera Barat, yang tergolong masih rendah salah satunya anggota Komisi IX Darul Siska. Selama beberapa hari ini, Darul Siska bersama mitra kerjanya Kementerian Kesehatan, BKKBN, BPJS dan Tenaga Kerja, melakukan roadshow ke hampir semua daerah di Sumatera Barat, mengeglar sosialisasi sambil vaksinasi. Ia mencatat sudah hampir sepuluh ribu warga yang berhasil di vaksin covid-19 melalui acara tersebut.

“Saya berusaha ikut mewujudkan herd imunity agar masyarakat bisa berkegiatan sebagaimana biasa, yang kedua saya juga merasa bertanggung jawab secara moral, kok Sumatera Barat rendah sekali capaian vaksinasinya, oleh karena itu saya ikut menggenjot capaian vaksinasi ini,” ucap Darul Siska, anggota Komisi IX DPR RI.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri Kepala Biro Umum dan Hubungan Masyarakat BKKBN RI, Putut Riyatno. Selain pengendalian penduduk dan penurunan angka stunting, percepatan vaksinasi juga menjadi tugas yang diemban BKKBN saat ini. Dalam sosialisasi ini, masyarakat tidak hanya diajak untuk merencanakan keluarga, tapi juga diajak ikuti vaksinasi agar kehidupan bisa kembali normal bebas dari covid-19.(art)