Calon Nasabah Rumah Subsidi Serbu Kantor ASPRUMNAS

1519

TOPIKINI.COM – Puluhan calon nasabah rumah murah bersudbsidi di Padan, Senin siang menyerbu kantor milik mantan pengurus Asosiasi Pemasar Perumahan Nasional (ASPRUMNAS), rumah murah bersubsidi yang dicanangkan pemerintah Jokowi. Mereka merasa tertipu dan menuntut agar uang mereka dikembalikan, karena rumah yang dijanjikan tak pernah ada.

Kantor tersebut terletak di jalan Ampang kota Padang. Sekitar 70 orang yang sudah menyetorkan uang, berdesakan ingin meminta uang mereka kembali.

Mereka adalah masyarakat yang sudah menyetorkan uang pendaftaran, sebagai calon pembeli perumahan murah bersubsidi yang dicanangkan pemerintahan Jokowi.

Kantor ini rencananya tempat pengembalian uang sebesar Rp 350 ribu yang sudah disetorkan masyarakat kepada Asprumnas. Dana sebesar itu, merupakan uang pendaftaran sebagai calon pembeli rumah murah bersubsidi yang di canangkan pemerintah.

Namun hingga saat ini, wujud perumahan tersebut masih belum jelas. Bahkan dimana lokasi, siapa pengembangnya pun belum jelas, sehingga membuat masyarakat merasa tertipu.

“Katanya uang muka Cuma dua juta, terus angsuran 800 ribu kan, siapa ndak mau, tau-tau ini hasilnya,” ucap Kamius, salah seorang warga calon pembeli.

Menurut ketua Asosiasi Perumahan Nasional (APERNAS) Asrinaldi, asosiasi Asprumnas yang menerima uang pendaftaran tersebut tidak tidak terdaftar di kementrian PUPERA.

“Yang boleh membangun perumahan program Perumahan bersubsidi dari pemerintah, adalah asosiasi yang terdaftar di kementrian PUPERA, yaitu REI, APERNA, APERI, Perkumpulan APERSI, APERINDO dan PIN. Dari semua asosiasi itu, dia mempunyai anggota seluruh Indonesia berjumlah 3210,” ucap Asrinaldi menjelaskan di hadapan para wartawan.

Setidaknya, tercatat sekitar 800 orang masyarakat sudah mendaftar dan membayar uang Rp 350 ribu kepada ASPRUMNAS. Sebagian besar meminta dana mereka dikembalikan karna tak sabar menunggu pelaksanaan program perumahan murah yang dijanjikan tersebut.(Ju Abdi)

Loading...