Buya Syafii Maarif: Islam, Keindonesiaan, Kemanusiaan dalam Satu Tarikan Nafas

TOPIKINI.COM – Prof. Ahmad Syafii Maarif, mantan ketua umum PP Muhammadiyah menulis sebuah buku yang diberi judul “islam dalam bingkai keindonesiaan dan kemanusiaan”. Buku tersebut dibedah oleh sejumlah tokoh di Universitas Negeri Padang, Kamis siang (01/03/2018).

Acara bedah buku yang digelar civitas akademika Universitas Negeri Padang ini, berlangsung di auditorium UNP dan dihadiri oleh Komjen Suhardi Alius dan Yudi Latif, sebagai panelis yang membedah buku tersebut.

Buku yang ditulis Buya itu sebagai refleksi kegalauan Buya Syafii Maarif, tentang kondisi kebangsaan yang menurutnya sedang tak menentu. Bapak kelahiran Sumpur Kudus kabupaten Sijunjung Sumatera Barat itu, menggambarkan islam yang rahmatan lil alamin, islam sebagai rahmat bagi seluruh alam, masih belum turun kebumi.

Menurut Buya, tujuannya menulis buku ini, agar islam dalam bingkai keindonesiaan dan kemanusiaan, dalam satu kesatuan sebagai perwujudan sila kelima Pancasila.

“Islam itu nilainya universal, rahmatan lil alamin, jangan biarkan hanya mengawang diatas langit, terjebak turun kebumi, karena bumi kenyataan, sebab keadilan semestinya dirasakan oleh semua orang, apapun agamnya, sukunya, dan saya ingin Islam, Keindonesian, Kemanusiaan itu berada dalam satu tarikan nafas,” tutur Buya Syafii Maarif.

Acara bedah buku ini, diikuti ratusan mahasiswa UNP dan masing masing mahasiswa mendapatkan satu buah buku yang telah dibedah tersebut.(art)

Loading...