Bupati Solsel Kembali Minta BWSS V Turun Tangan Atasi Penyebab Banjir di Kampung Tarandam

53

TOPIKINI – Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, kembali meminta kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Padang agar membantu proses normalisasi sungai Batang Suliti di daerah Kampung Tarandam, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan.

Hal ini sangat diperlukan, agar daerah tersebut bisa terbebas dari banjir yang terus menimpa setiap saat sejak berpuluh-puluh tahun silam.

Hal ini disampaikan Bupati ketika rapat penanganan banjir bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit beserta rombongan OPD Pemprov Sumbar, BWSS V, ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Sekdakab Yulian Efi, Wakil Ketua DPRD Armensyah Johan, dan peserta lainnya, di Posko Utama penanganan darurat bencana banjir di Kantor Camat Sungai Pagu, Jum’at (29/11/2019).

“Dulu ada rencana pemindahan jalur sungai. Dan Pemkab sudah bebaskan tanahnya sesuai permintaan Balai Sungai. Namun entah kenapa tidak jadi dilakukan. Kemudian solusi kedua dibuatkan dam dari beton, tapi itupun juga belum dilaksanakan,” kata Muzni Zakaria, bupati Solok Selatan.

Menurutnya, banjir yang selalu terjadi jika hujan deras tiba dan diperkirakan sudah terjadi sejak 50 tahun silam tersebut, seringkali membuat warga bertanya-tanya apakah tidak ada pihak terkait yang memperhatikan mereka yang tinggal dilokasi tersebut.

Bahkan dengan nada “mengajak”, bupati minta Balai Sungai untuk membawa serta pihak-pihak terkait di Jakarta untuk datang melihat langsung kondisi sungai yang berada di sebelah pemukiman warga Kampung Tarandam.

“Mohon disampaikan agak tajam oleh Balai Sungai ke pusat, dan sekali-kali ajak juga pihak di Jakarta itu untuk datang kesini, biar tidak berteori-teori saja,” pinta Muzni.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sumbar, Nasrul Abit, juga meminta pihak Balai Sungai untuk meninjau ulang terkait kebijakan mereka terhadap Batang Suliti yang berada di dekat perkampungan Kampung Tarandam, agar kejadian serupa tidak terus terulang.(humas)

Loading...