BPBD kota Padang Gelar Rakor Bersama Anggota KSB

46

TOPIKINI.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat, melatih para anggota Kelompok Siaga Bencana (KSB) tingkat kelurahan di seluruh kelurahan yang ada di kota Padang, secara bergiliran. Tujuannya untuk memberikan peran yang lebih banyak kepada anggota kelompok siaga bencana pada bidang mitigasi kepada masyarakat masing-masing.

Untuk lebih meningkatkan kapasitas dan memberi peran yang lebih besar kepada anggota Kelompok Siaga Bencana atau KSB, yang ada di 104 kelurahan pada 11 kecamatan yang ada di kota Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Padang, menggelar rapat koordinasi kebencanaan dengan para anggota KSB. Hari pertama rakor dilakukan dengan pengurus KSB yang ada di kecamatan Koto Tangah, Padang, hari Selasa (6/3).

Materi yang diberikan kepada para relawan kebencanaan ini adalah tentang mitigasi bencana atau kesiapsiagaan terhadap bencana, baik itu banjir, tanah longsor, angin putting beliung, kebakaran, hingga gempa bumi dan tsunami. Termasuk peran yang harus dilakukan oleh anggota Kelompok Siaga Bencana pada saat tanggap darurat seperti menyiapkan dapur umum, mendata korban, dan mendata kerugian lainnya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Padang, Edi Hasymi, mengatakan selama ini anggota KSB lebih banyak terlibat pada kegiatan rescue pada saat bencana alam terjadi. Ia menginginkan peran anggota KSB lebih mengarah kepada peran mitigasi bencana kepada masyarakat di lingkungan temnpat tinggal masing-masing.

“Selama ini, kami lihat peran anggota KSB lebih banyak pada saat rescue. Seharusnya tidak demikian lagi. Saya ingin, peran KSB lebih kea rah mitigasi bencana, karena itu yang lebih cocok untuk diterapkan kepada masyarakat masing-masing,” kata Edi Hasymi, Kalaksa BPBD Padang.

Rakor ini juga bertujuan untuk memantapkan program kerja BPBD Padang terkait kelompok siaga bencana dan penyiapan anggaran untuk pelatihan, yang akan digilir setiap hari kepada anggota KSB di kelurahan lain, hingga mencakup seluruh kelurahan pada 11 kecamatan yang ada di kota padang. (dio)

Loading...