BIM Gagalkan Penyelundupan Kulit Harimau Sumatera

59

TOPIKINI – Upaya penyelundupan kulit harimau sumatera, berhasil digagalkan petugas keamanan penerbangan (aviation security ) Bandara Internasional Minangkabau (BIM ). Sebuah paket tak bertuan, terdeteksi mesin X ray, berisi kulit harimau yang akan di kirim ke Jakarta.

Dalam rilisnya Selasa sore (16,07,2019) pihak karantina BIM mengatakan, paket yang di kemas berupa kado tersebut, dibungkus dalam kardus. Ternyata di dalamnya berisi kulit harimau berumur sekitar lima tahun.

Pengirim mencoba mengelabui petugas dengan cara mengisi kardus dengan beberapa macam makanan ringan. Saat paket melewati mesin detector, petugas curiga dengan isi paket tersebut. Paket berupa bungkusan kado ternyata tidak sesuai dengan tampilan tertulis di dokumen.

Loading...

“Kita menyamakan antara dokumen dan barang, ketika masuk X Ray, ternyata dokumen dengan isi barang itu berbeda, maka karena ada kecurigaan, kita minta ke airline membuka barang tersebut ternyata isinya kulit harimau,” kata Ahmad Hisyam, asisten keamanan penerbangan BIM.

Dengan temuan ini pihak keamanan bandara BIM menyerahkan paket kulit harimau ke Balai Karantina Pertanian Kelas Satu Padang untuk di tindak lanjuti. Saat ini pihak karantina tengah melakukan penyelidikan terkait siapa pemilik paket ini.

“Setelah kami mendapat laporan dari pihak bandara, hari itu juga kami buat berita acara serah terima barang berupa kulit harimau, dan kami akan melakukan penyelidikan atas kasus ini, dan selanjutnya barang ini akan kami serahkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam,” ucap Eka Darnida Yanto, kepala balai karantina pertanian kelas I Padang.

Paket kulit harimau sumatera ini dibawa melalui salah satu ekspedisi ke terminal kargo BIM dengan alamat pengirim palsu. Sementara itu pihak karantina pertanian kelas I Padang menyerahkan kulit harimau sumatera kepada pihak BKSD Sumbar untuk di awetkan. (Erizal)