Berkat Kampung KB, Pagang Dalam di Kecamatan Nanggalo Kini tak Lagi Terisolasi

Jalan Aspal di Pagang Dalam

TOPIKINI, PADANG – Kampung Keluarga Berkualitas atau Kampung KB Pagang Moderen, berada di kelurahan Kurao Pagang kecamatan Nanggalo kota Padang. Sejak ditetapkan sebagai kampung KB Februari 2016 lalu, kini daerah Pagang Dalam jauh lebih maju dari sebelumnya.

Jalan yang dulunya sempit, hanya bisa dilalui becak motor, kini sudah lebar dan beraspal, bisa dilewati mobil bahkan truk. Daerah ini dulunya juga terisolasi, karena hanya dihubungkan jembatan gantung. Setelah jadi kampung KB, pemerintah membuatkan jembatan permanen.

Usai jembatan, kementerian PUPR juga menjalankan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di tempat ini, dengan membangunkan jalan, drainase dan juga jamban. Selain itu, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi juga berdiri megah, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Predikat kampung KB ternyata membawa berkah bagi masyarakat. Berbagai kegiatan diselenggarakan pemerintah di kampung ini. Seperti Sabtu (27/11/2021) lalu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sumatera Barat, menggelar sosialisasi pendataan keluarga dan kelompok sasaran bangga kencana bersama mitra tahun 2021, di tempat ini.

Menurut ketua kelompok kerja Kampung KB Pagang Moderen, Kamal, beberapa waktu lalu sungai batang Guo yang mengalir di kawasan ini, juga mendapat bantuan bibit ikan Gariang, yang ditebar langsung oleh gubernur Sumbar Mahyeldi.

“Kedepan kami akan jadikan sepanjang sungai batang Guo itu sebagai tempat wisata, itu impian kami,” ujar Kamal, yang juga menjabat sebagai ketua RW 08 kelurahan Kurao Pagang.

Kabid KBK3 Dinas P3AP2KB kota Padang, Zulkadri yang hadir dalam acara sosialisasi itu mengatakan, sudah banyak perkembangan yang dirasakan warga berkat program Kampung KB ini.

“Sudah banyak manfaat yang dirasakan warga dari program Kampung KB ini, dan kita tengah menyiapkan dua daerah lagi untuk dijadikan Kampung KB, supaya warga kota Padang tidak ada lagi yang berada dibawah garis kemiskinan,” ujar Zulkadri.

Di kota Padang saat ini terdapat 15 kampung keluarga berkualitas, yang tersebar di 11 kecamatan di kota bengkuang ini. Tahun depan, pemerintah kota Padang menambah dua Kampung KB lagi, sehingga berjumlah 17 Kampung KB.

Pemerintah membuat Kampung KB, bertujuan untuk melepaskan kampung tersebut dari ketertinggalan, dengan memebrikan perhatian khusus. Tidak hanya oleh BKKBN, tapi juga instansi lain untuk peningkatan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakatnya.(art)