Begini Kondisi Kawasan 1000 Rumah Gadang Pasca Pencanangan Revitalisasi oleh Presiden

97

TOPIKINI – Kawasan Seribu Rumah Gadang di Muaro Labuh kabupaten Solok Selatan, kini terus berbenah. Pasca dicanangkan revitalisasi oleh presiden Jokowi, kawasan 1000 Rumah Gadang kini semakin cantik.

Kawasan Seribu Rumah Gadang merupakan ikon wisata andalan di kabupaten Solok Selatan. Nagari ini, menjadi magnet yang sangat kuat bagi wisatawan untuk mengunjungi kabupaten yang berbatas dengan provinsi Jambi ini.

1000 Rumah Gadang, adalah nama nagari yang sudah melekat sejak lama karena di kawasan ini, terdapat 138 rumah gadang yang masih terawat hingga sekarang.

Setiap hari, wisatawan dari berbagai daerah hingga luar provinsi Sumatera Barat, datang mengunjungi tempat ini. Mereka biasanya ingin menikmati suasana asri perkampungan tempo dulu dan menggali sejarah kawasan ini.

Pasca dicanangkan revitalisasi oleh presiden Joko Widodo Februari 2018 lalu, kini kawasan 1000 Rumah Gadang terus berbenah. Pemerintah bersama masyarakat setempat terus menyiapkan sarana dan prasaran yang bisa membuat pengunjung betah ditempat ini.

“Pemerintah akan membuat menara agar pengunjung dapat menyaksikan keindahan kawasan ini dari ketinggian,” ucap Diki Eka Putra, pemandu wisata 1000 Rumah Gadang.

Rencananya, tanggal 22 hingga 24 Maret 2019 mendatang, pemerintah daerah kabupaten Solok Selatan akan menggelar festival Seribu Rumah Gadang. Berbagai kegiatan budaya dan kesenian akan memeriahkan festival yang berlangsung selama tiga hari tersebut. (art)

Loading...