BBPOM Padang Periksa Makanan di Pasa Pabukoan, Begini Hasilnya

88

TOPIKINI – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Rabu (08/05/2019) petang melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pasar pabukoan atau pasar takjil di kota Padang. Petugas memeriksa kandungan makanan seperti zat pewarna, pemanis makanan dan zat borak pada kerupuk yang dapat membahayakan kesehatan.

Bersama Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan Padang dan pemko Padang, BBPOM melakukan inspeksi mendadak di pasar pabukoan atau pasar yang menjual aneka makanan untuk berbuka yang ada di Pasar Raya Padang.

Satu persatu makanan yang di jual di pasar tersebut diambil sampel dan lansung di periksa di mobil keliling BBPOM Padang. Milai dari cendol, kolak, es buah hingga aneka gulai dan aneka lauk pauk.

Loading...

Menurut Martin Suhendri kepala BBPOM Padang, inspeksi mendadak ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pedagang tentang bahaya produk, bahan pewarna, pemanis buatan dan zat borak pada kerupuk. Jika bahan ini digunakan pada makanan bisa merusak kesehatan bagi yang menkonsumsinya.

“Kalau tahun kemaren kita masih temukan yang pakai pewarna merah, Rodamin, jadi kami himbau kepada pedagang, tolong lindungi masyarakat kami, jangan gunakan rodamin lagi, karena itu dapat menyebabkan kangker, atau kangker payudara atau kangker lainnya, kemudian kami juga menghimbau pedagang agar tidak menggunakan pemanis buatan, karena tidak ada energy yang dapat diserap,” kata Martin Suhendri, kepala BBPOM Padang.

Dari hasil pemeriksaan sampel makanan yang dilaksanakan BBPOM dan tim gabungan ini, petugas tidak menemukan makanan yang menggandung zat berbahaya. Selain jajanan pabukoan, BBPOM juga akan melakukan sidak terhadap makanan kemasan yang sudah kedaluarsa.(Erizal)