Banjir Bandang di Padang Pariaman Putuskan 5 Jembatan

170

TOPIKINI.COM – Selain memutus jalur trans Sumatera Padang – Pekanbaru, banjir bandang juga membuat jembatan Lubuak Napa, kecamatan Padang Sago, Padang Pariaman putus. Akibatnya jalur transportasi warga di daerah itu lumpuh. Dua pengendara sepedar motor terjun kesungai saat melewati jembatan.

Jembatan lubuak napa yang terletak didepan SMA Negeri Padang Sago itu, Senin malam (10/12/2018) ambruk. Hujan deras yang melanda daerah ini senin sore,  mengakibatkan sungai batang Mangoi mengamuk dan menghantam pondasi jembatan yang sudah lama retak.

Jembatan yang menhubungkan kecamatan Padang Sago dan kecamatan  Patamuan itu, sekarang sudah tak bisa dilewati lagi. Warga yang hendak  keseberang terpaksa harus memutar sekitar delapan kilometer.

Loading...

Kejadian ini juga mengakibatkan dua pengendara sepeda motor jadi korban saat melewati jembatan. Keduanya terjun kedalam sungai meski berhasil diselamatkan warga. Selain itu ambruknya jembatan juga mengakibatkan puluhan pelajar tak dapat kesekolah. Selain itu banjir bandang juga mengakibatkan saluran pipa PDAM ikut putus dan mengganggu suplai air bersih.

“Sebenarnya ada jalan lain, tapi jaraknya cukup jauh sampai 8 kilo, jadi akibat putusnya jembatan ini banyak warga yang tidak bisa beraktifitas,” ucap Deka Fajri, warga Padang Sago.

Kepada warga diharapkan untuk tetap berhati hati, mengingat masih tingginya intensitas hujan yang sangat sulit diprediksi.

Menurut data BPBD Padang Pariaman, akibat banjir bandang yang terjadi karena tingginya curah hujan tersebut, setidaknya memutus 5 jembatan di Padang Pariaman.(Rafki)