Awal Tahun Baru Harga Cabe dan Bawang Naik Padang

78

TOPIKINI – Awal tahun baru 2019 di kota Padang, harga cabe dan bawang merah mengalami kenaikan.

Seperti di pasar raya kota Padang harga sembako mulai mengalami kenaikan yang sangat signifikan, seperti harga cabe merah, cabe rawit dan bawang merah. Sebelum tahun baru harga cabe merah, dari Rp 18 ribu naik menjadi Rp 30 ribu perkilogram.

Sedangkan untuk cabe rawit harga mencapai Rp 40 ribu, sebelumnya harga cabe rawit berkisar Rp 36 ribu sampai Rp 38 ribu perkilogram.

Harga bawang merah juga mengalami kenaikan. Bawang merah yang super naik menjadi Rp 26 ribu dari Rp 18 ribu perkilogram. Dan harga bawang merah biasa naiki Rp 24 ribu dari harga sebelumnya Rp 16 ribu perkilogram.

Kenaikan harga ini disebakan karena faktor cuaca buruk di pulau Jawa dan libur tahun baru, sehingga pasokan terganggu.

“Hari ini agak peningkatan sedikit, cabe sebelumnya 18 sekarang 30 perkilo, baru hari ini,” kata Murni Yanti, pedagang pasar raya Padang.

Di pasar raya kota Padang , hanya ada cabe lokal dari Padang Panjang dan untuk memecah harga biasanya masuk caba dari Medan. Harga sembako lainnya tidak mengalami kenaikan seperti harga kentang tetap stabil Rp 8 ribu perkilogramnya dan harga bawang putih mengalami penurunan dari Rp 20 ribu turun menjadi Rp 16 ribu perkilogramnya. (Erizal)

Loading...